Dampak Pembangunan LRT Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai dalam Aksesibilitas Masyarakat Rawamangun
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1171Keywords:
LRT, Accessibility, Social Impact, Structural FunctionalismAbstract
Penelitian ini membahas dampak sosial dari pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome–Manggarai, khususnya terhadap aksesibilitas masyarakat Rawamangun. Proyek ini memang bertujuan meningkatkan efisiensi transportasi, tapi dalam praktiknya menimbulkan sejumlah masalah seperti kemacetan, perubahan rute, dan terganggunyaaktivitas harian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan lima informan yang terdampak langsung. Hasilnya menunjukkan bahwa pembangunan ini tidak hanya menciptakan perubahan fisik, tapi juga memicu disfungsi sosial. Masyarakat yang terdampak, seperti pedagang, mahasiswa, dan pengemudi transportasi harus beradaptasi dengan cara mereka masing-masing, baik dengan mengubah rute, waktu berangkat, hingga cara berjualan. Temuan ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur tidak bisa dilihat sebatas teknis, tapi juga harus memperhatikan aspek sosialnya. Dengan menggunakan teori fungsionalisme struktural, disimpulkan bahwa proyek LRT ini membawa fungsi dan disfungsi sekaligus dalam sistem sosial kota. Maka, keberhasilan pembangunan tidak hanya diukur dari selesainya konstruksi, tapi juga dari sejauh mana masyarakat bisa tetap menjalankan aktivitas sosial dan ekonomi mereka secara wajar.
Kata Kunci: LRT, Aksesibilitas, Dampak Sosial, Fungsionalisme Struktural
References
Kausar Ilham. (2024). Dampak proyek LRT, Transjakarta tutup sementara dua halte. ANTARA NEWS. diakses pada 23 Juni 2025 melalui
https://www.antaranews.com/berita/4534810/dampak-proyek-lrt-transjakarta-tutup-sementara-dua-halte
Bachtiar, Z., & Pasaribu, R. (2023). Dampak Lingkungan Ekologis Akibat Proyek Pembangunan Jalur Rel Light Rapid Transit (LRT) Jabotabek Di Jakarta. Local Engineering, 1(1), 1-10.
Devi, A. S., Hotimah, K., Sakha, R., Karimullah, A., & Anshori, M. I. (2022). Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas. 2(2), 66–78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2.
Fanifia, F., Salsabila, D. W., Yudhistira, K., Yudanto, L. P., & Arkan, M. T. (2024, October). Analisis Penyebab Kemacetan Akibat Proyek Pembangunan LRT Jakarta Velodrone - Manggarai. Retrieved from www.researchgate.net: https://www.researchgate.net/scientificrecruitment/?utm_source=researchgate&utm_medium=communityloggedout&utm_campaign=indextop&_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19.
Gisella Previan Laoh. (2024). Proyek LRT Fase 1B Persempit Jalan di Rawamangun, Macet Rutin Pagi dan Sore. detikNews. diakses pada 23 juni melalui
Kilang Permatasari, -Cahyaning, & Kristiyanto, H. (2025). DAFTAR ISI (Vol. 7, Issue 1). https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/CivETech/issue/archive.
Nurokhman, N., Suryanto, S., Subagyo, S., & Madazzaman, W. Y. (2025). DAMPAK TRANSPORTASI SISTEM LIGH RAIL TRANSITS TERHADAP KEMACETAN LALU LINTAS DAN EMISI CARBON DI JAKARTA. Civil Engineering and Technology Journal, 7(1), 37-48.https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/CivETech/issue/archive
Parsons, T. (1951). The Social System. New York: The Free Press.
Parsons, T. (1971). The System of Modern Societies. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Parsons, T. (1977). Social Systems and the Evolution of Action Theory. New York: The Free Press.
Ramadianti, K., & Widyaningsih, N. (2020). Kajian Preferensi Pengguna Moda Transportasi Kereta Api LRT Jakarta Menuju Stasiun LRT Velodrome. Wahana Teknik Sipil: Jurnal Pengembangan Teknik Sipil, 25(2), 158-165.
Rahman, A. Z., & Novitasari, D. D. (2018). KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA MELALUI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI DALAM UPAYA PEMERATAAN PEMBANGUNAN. JURNAL MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK, 3(2), 85–91.
Rastika, I., dan Farisa, F., F. (2021). Jokowi: Kenapa LRT Ini Dibangun? Kita Ingin Transportasi Massal Terintegrasi. Jakarta: Kompas.com. Diakses pada 23 Juni 2025 melalui https://nasional.kompas.com/read/2021/06/09/10532391/jokowi-kenapa-lrt-ini-dibangun-kita-ingin-transportasi-massal-terintegrasi
Safarudin, R., Zulfamanna., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol 3. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.
Website, A., Lambertina, M., Aran, B., Pitang, Y., & Wijayanti, A. R. (n.d.). J u r n a l K e p e r a w a t a n M u h a m m a d i y a h Pengalaman Melaksanakan Pencegahan Transmisi COVID-19 pada Lansia INFORMASI ABSTRACT Korespondensi. In Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (Vol. 7, Issue 2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM.
Wirawan, L., Erwin, B., & Ismanto, R. (2025). PERANCANGAN STASIUN LRT PASAR PRAMUKA DI JAKARTA PUSAT DENGAN PENERAPAN TOD (TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT). Jurnal KaLIBRASI: Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri, 8(1), 19-27.
Parsons, T. (1951). The Social System. New York: The Free Press.
Merton, R. K. (1968). Social Theory and Social Structure. New York: The Free Press.
Nurokhman, N., Suryanto, S., Subagyo, S., & Madazzaman, W. Y. (2025). Dampak Transportasi Sistem Light Rail Transits terhadap Kemacetan Lalu Lintas dan Emisi Carbon di Jakarta. Civil Engineering and Technology Journal, 7(1), 37–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.