PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI UMUM MELALUI “SI PETAK” DI KELURAHAN JETAK KECAMATAN BOJONEGORO

Authors

  • Novia Dwiyanawati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra
  • Dwi Kurniawati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra
  • Siti Zumrotin Najiyati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra
  • Sutrisniawati Sutrisniawati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra
  • Mei Indrawati Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra
  • Rena Febrita Sarie Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.805

Keywords:

SI PETAK, Information System, Administrative Services, Innovation, Efficiency.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Kelurahan Jetak (SI PETAK) dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi umum di Desa Jetak, Kecamatan Bojonegoro. Fokus penelitian mencakup efisiensi, transparansi, serta pengaruh kepemimpinan inovatif dalam pengelolaan sistem, serta dampaknya terhadap kepuasan masyarakat dan kinerja perangkat desa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SI PETAK berhasil meningkatkan kualitas layanan, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan resistensi terhadap perubahan masih perlu diatasi. Kepemimpinan inovatif memainkan peran penting dalam mendukung pengelolaan SI PETAK dan mempromosikan efisiensi serta transparansi dalam pelayanan publik.

References

Antok, M., & Kistyanto, A. “Analisis Kepemimpinan Dalam Menunjang Kinerja Melalui Perilaku Inovatif Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kota Surabaya,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 327–343, 2024.

Pahira, S. H., & Rinaldy, R. “Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi,” COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(02), 810–817, 2023.

Hajar, D. R. S., & SOS, S. Pemerintahan Desa dan Kualitas Pelayanan Publik (Vol. 1), umsu press, 2021.

Mahayoni, G. A. D. I., & Wirantari, I. D. A. P. “Pengembangan Website Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Bona, Gianyar,” Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 1(1), 13–19, 2021.

Hidayat, A. R., Santoso, R. S., & Subowo, A. “Kepemimpinan Inovatif Dalam Mewujudkan Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kesehatan Kota Semarang,” Journal of Public Policy and Management Review, 13(1), 1–12, 2024.

Ngaisah, S., & Kurniawan, B. A. “Hubungan Kelembagaan Negara Dalam Menunjang Kualitas Pelayanan Publik,” 2023.

Korzynski, P., Florea, M., & Varga, D. “The Competency of Leaders in Overcoming Organizational Challenges,” Journal of Leadership Studies, 9(3), 57-67, 2021.

YuSheng, W., & Ibrahim, M. “Innovation as a Driver of Long-Term Success in Competitive Markets,” International Journal of Innovation Management, 24(1), 45-67, 2020.

Petric, J. A., Joseph, A., & Quinn, J. F. “Ethical Leadership in Organizations,” Journal of Business Ethics, 34(3), 237-248, 2001.

Nafillah, N., Prasetyo, H., & Setiawan, F. Penerapan Surat dalam Administrasi dan Komunikasi Organisasi, Jakarta: Pustaka Ilmu, 2024.

Jogiyanto, H. M. Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis), Yogyakarta: Erlangga, 2017.

Sulianta, F. Strategi Merancang Arsitektur Sistem Informasi Masa Kini, Elex Media Komputindo, 2019.

Susanto, C., Syamsuddin, S., Kadang, M. O., & Mudharsep, M. “Aplikasi Pelanggaran Dan Kecelakaan Dijalan Berbasis Web,” SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 110–116, 2025.

Ariska, I. “Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(2), 1–13, 2021.

Ekaputra, N. D. “Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dalam Penyusunan Dokumen RKPD Di Kabupaten Nganjuk,” Otonomi, 21(1), 62–79, 2021.

Waldi, S., Andini, P., Ilahi, R., & Hanoselina, Y. “Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi di Sektor Publik,” Perspektif Administrasi Publik Dan Hukum, 1(4), 61–72, 2024.

Choirunnisa, L., Oktaviana, T. H. C., Ridlo, A. A., & Rohmah, E. I. “Peran Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Pelayanan Publik di Indonesia,” Sosio Yustisia: Jurnal Hukum Dan Perubahan Sosial, 3(1), 71–95, 2023.

Ndraha, A. B., Waruwu, E., & Zega, A. “Dinamika Pelayanan Publik di BKPSDM Kota Gunungsitoli: Analisis Terhadap Prosedur Kendala dan Rapat Evaluatif,” Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 1(2), 32–39, 2024.

Hanafi, S. “Dampak Kepemimpinan Transformasional Terhadap Inovasi Dan Sehatnya Organisasi (Studi Di Desa Kadubeureum Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang),” Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 213–227, 2023.

Padela, M. B., & Putri, A. U. “The Role of Information Technology in Improving the Efficiency of Public Services (A Case Study at the Licensing and Investment Office of Lahat District),” Journal of Social Science and Humanities, 3(2), 41–48, 2024.

Suprianto, B. “Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,” Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128, 2023.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Dwiyanawati, N., Kurniawati, D., Najiyati, S. Z., Sutrisniawati, S., Indrawati, M., & Sarie, R. F. (2025). PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI UMUM MELALUI “SI PETAK” DI KELURAHAN JETAK KECAMATAN BOJONEGORO. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i2.805

Issue

Section

##section.default.title##