STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN HASIL EVALUASI SISWA PADA MATERI RUKHSOH DALAM BERIBADAH DI KELAS 7 SMPIT HARAPAN UMAT KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.917Keywords:
Expository Teaching Strategy, Evaluation Results, Rukhsoh, Islamic Religious Education, SMPIT Harapan Umat KarawangAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil evaluasi siswa pada materi Rukhsoh dalam beribadah di kelas 7 SMPIT Harapan Umat Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Rukhsoh, yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua. Dengan demikian, strategi pembelajaran ekspositori efektif dalam meningkatkan hasil evaluasi siswa pada materi Rukhsoh dalam beribadah.
References
Afnan, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1).
Akbar, M. (2015). Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun dalam Konteks Kontemporer. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bunyamin, M. (2018). Filsafat Pendidikan Barat. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Damayanti, N., & Sari, P. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 792–800.
Elis, I., et al. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Motivasi, Keaktifan, Kemampuan Memecahkan Masalah, Kolaborasi, dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study. Efektor, 6(2), 165–172.
Hamim. (2014). Konsep Pendidikan dalam Pemikiran Al-Ghazali. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hisam, A., & Mustofa. (2021). Aplikasi Rukhsoh dalam Muamalah Maliyah: Pendekatan Fiqh Kontemporer. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 45–55.
Mahmudin. (2017). Prinsip Kemudahan dalam Hukum Islam: Telaah terhadap Q.S. Al-Baqarah: 185. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 5(2), 120–128.
Maryati, Yeti Sri., Saefullah, Agus Susilo., & Azis, Abdul. (2025). Landasan Normatif Religius dan Filosofis Pada Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora, 1(2). https://jurnal.qolamuna.id/index.php/JQ/article/view/128
Mayada, F. D., Faizah, F., & Nisa’i, K. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 336–342.
Musyafa’, F. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permana, Y., & Yanthiani, L. (2020). Ar-Rukhshoh dalam Fiqh Muamalah Kontemporer. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 60–70.
Putra, R. B. (2022). Kajian Aplikasi Rukhsoh dalam Transaksi Syariah Modern. Jurnal Muamalah Kontemporer, 2(2), 101–115.
Saefullah, Agus Susilo. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Al-Tarbiyah/article/view/1428
Saefullah, Agus Susilo. (2024). Penerapan Program Tahqik pada Pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Al-Hikmah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3108–3114. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13746
Sudjana, N. (2010). Strategi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Woli, R. T., et al. (2023). Pengaruh Metode Ekspositori dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 129–132.
Zainuri, H. S., et al. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32503–32508
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.