STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN HASIL EVALUASI SISWA PADA MATERI RUKHSOH DALAM BERIBADAH DI KELAS 7 SMPIT HARAPAN UMAT KARAWANG

Authors

  • Jihan Fhajri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lilis Sumiyati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Klara Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.917

Keywords:

Expository Teaching Strategy, Evaluation Results, Rukhsoh, Islamic Religious Education, SMPIT Harapan Umat Karawang

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil evaluasi siswa pada materi Rukhsoh dalam beribadah di kelas 7 SMPIT Harapan Umat Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Rukhsoh, yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata evaluasi dari siklus pertama ke siklus kedua. Dengan demikian, strategi pembelajaran ekspositori efektif dalam meningkatkan hasil evaluasi siswa pada materi Rukhsoh dalam beribadah.

 

References

Afnan, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1).

Akbar, M. (2015). Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun dalam Konteks Kontemporer. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bunyamin, M. (2018). Filsafat Pendidikan Barat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Damayanti, N., & Sari, P. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 792–800.

Elis, I., et al. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Motivasi, Keaktifan, Kemampuan Memecahkan Masalah, Kolaborasi, dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study. Efektor, 6(2), 165–172.

Hamim. (2014). Konsep Pendidikan dalam Pemikiran Al-Ghazali. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hisam, A., & Mustofa. (2021). Aplikasi Rukhsoh dalam Muamalah Maliyah: Pendekatan Fiqh Kontemporer. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 45–55.

Mahmudin. (2017). Prinsip Kemudahan dalam Hukum Islam: Telaah terhadap Q.S. Al-Baqarah: 185. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 5(2), 120–128.

Maryati, Yeti Sri., Saefullah, Agus Susilo., & Azis, Abdul. (2025). Landasan Normatif Religius dan Filosofis Pada Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora, 1(2). https://jurnal.qolamuna.id/index.php/JQ/article/view/128

Mayada, F. D., Faizah, F., & Nisa’i, K. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 336–342.

Musyafa’, F. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permana, Y., & Yanthiani, L. (2020). Ar-Rukhshoh dalam Fiqh Muamalah Kontemporer. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 60–70.

Putra, R. B. (2022). Kajian Aplikasi Rukhsoh dalam Transaksi Syariah Modern. Jurnal Muamalah Kontemporer, 2(2), 101–115.

Saefullah, Agus Susilo. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Al-Tarbiyah/article/view/1428

Saefullah, Agus Susilo. (2024). Penerapan Program Tahqik pada Pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Al-Hikmah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3108–3114. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13746

Sudjana, N. (2010). Strategi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Woli, R. T., et al. (2023). Pengaruh Metode Ekspositori dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 129–132.

Zainuri, H. S., et al. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32503–32508

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Jihan Fhajri, Lilis Sumiyati, & Klara Safitri. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN HASIL EVALUASI SISWA PADA MATERI RUKHSOH DALAM BERIBADAH DI KELAS 7 SMPIT HARAPAN UMAT KARAWANG. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 239–248. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.917

Issue

Section

##section.default.title##