MENGHADAPI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MODERN: SOLUSI ISLAM DALAM ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.944Abstract
Abstrak. Globalisasi memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Data menunjukkan bahwa sejumlah tantangan yang dihadapi meliputi melemahnya pembentukan karakter, masuknya pengaruh budaya asing, serta belum maksimalnya pemanfaatan teknologi yang sejalan dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai tantangan yang muncul dalam pendidikan Islam di era globalisasi dan menyusun solusi berbasis prinsip-prinsip Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah terhadap sumber-sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dan jurnal. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) untuk menggali makna dan hubungan antar-konsep yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan perlunya pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai keislaman, pemanfaatan teknologi secara proporsional, serta penguatan literasi digital dan karakter moral siswa. Dengan pendekatan yang holistik mencakup aspek kognitif, afektif, dan spiritual, pendidikan Islam diharapkan mampu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berdaya tahan dalam menghadapi tantangan globalisasi.
References
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses
Dehumanisasi. . Jurnal Pendidikan Islam, 93–116.
Dewi, R. (2019). Pendidikan Islam dalam Tantangan Globalisasi: Antara Nilai dan Intelektualitas. . Jurnal Pendidikan Islam, 123–136.
Fadilah, S. &. (2020). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. . Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 55–67.
Hidayat, A. (2020). Urgensi Pendidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Globalisasi. . Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 134–147.
Hidayat, D. (2020). Pendidikan Islam di era globalisasi: Tantangan dan solusi. . Jurnal Pendidikan Islam, 111–124.
Jadidah, N. M. (2023). Globalisasi dan Tantangannya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 45–60.
Jannah, R. (2020). Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global. . Jurnal Edukasi Islami, 211–224.
Julaeha, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 88–99.
Latifah, A. (2024). Transformasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital. Annajah: Jurnal Pendidikan Islam.
Maharani, A. ( 2022). Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter dan Spiritualitas Generasi Masa Depan. . Jurnal Pendidikan Islam, , 50–65.
Nurhayati, S. (2019). Pendidikan Spiritual di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 45–60.
NurShaumi, A. (2015). Konsep Pendidikan Islam: Integrasi Spiritualitas dan Intelektualitas. Jurnal Studi Islam, 33–47.
Rahman, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam Konteks Globalisasi: Tantangan dan Peluang. . Jurnal Pendidikan Karakter, 133–145.
Rahman, A. (2021). Rahman, A. (2021). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 142–155.
Sabtina, D. (2023). Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Alternatif Solusinya. Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 58–68.
Safitri, A. H. (2023). Pendidikan Islam sebagai solusi dalam menghadapi tantangan global. . Academy of Social Science and Global Citizenship Journal.
Safitri, A. H. (2023). Safitri, A., Hakimunnisa, A., Pramudita, A. R., Ramadillah, D., Meydista, F. A., Barnie, A. P., Putra, N. S., & Yosef, F. (2023). Pendidikan Islam sebagai solusi dalam menghadapi tantangan global. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal,.
Safitri, N. A. (2023). Penguatan Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Dampak Negatif Globalisasi. . Jurnal Tarbiyah dan Dakwah, 45–56.
Safitri, S. e. (2023). Penguatan Pendidikan Agama Islam sebagai Pertahanan terhadap Pengaruh Budaya Asing. Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 78–92.
Unismuh. (2021). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusinya. . Equilibrium: Jurnal Pendidikan,.
Wardhani, S. P. (2024). Manajemen Pendidikan Islam dalam Era Digital: Strategi Kurikulum Berbasis Nilai Islam untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi. . Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(2).
Yulianti, I. (2021). Pengaruh Globalisasi terhadap Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Global, 112–126.
Yulianti, M. (2021). Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, , 59–72.
Zainuddin, A. (2022). Literasi Digital dalam Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 101–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.