Pendidikan Islam dan Dunia Kerja Dalam Perspektif Ayat dan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1118Keywords:
Ayat, Dunia Kerja, Hadis, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan Islam tidak hanya bertujuan membentuk manusia yang saleh secara spiritual, tetapi juga manusia produktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan sosial. Dalam perspektif normatif-teologis, ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW memberikan landasan kuat mengenai pentingnya bekerja, mencari nafkah, menimba ilmu untuk keahlian, serta menjauhi perilaku meminta-minta. Artikel ini bertujuan mengelaborasi hubungan antara pendidikan Islam dan dunia kerja melalui landasan ayat dan hadis sebagai pedoman normatif. Dengan pendekatan deskriptif-analitis berbasis studi pustaka, tulisan ini memaparkan bahwa dunia kerja bukanlah entitas terpisah dari nilai-nilai Islam, tetapi justru menjadi ladang aktualisasi nilai keislaman. Hal ini menjadikan pendidikan Islam harus mampu merespons tantangan dunia kerja dengan menanamkan nilai amanah, etos kerja, dan keahlian sebagai bentuk ibadah.
References
Cha, N. A., Misbahuddin, M., Ibtisam, I., & Herman, H. (2021). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Etos Kerja. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 2(2), 131–148.
Diana, I. N. (2020). Ekonomi Islam dalam pusaran pemikiran intelektual muslim. UIN-Maliki Press.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzan, A. (2022). Relasi doa dengan usaha dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran Dan Tafsir, 2(1), 55–78.
Inayati, S. N. A., Ramadhani, R., Ramadhani, R., & Hardianti, H. (2020). Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Buya Hamka. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–58.
Ismail, M. B. M. (2018). Prinsip Bekerja Sebagai Ibadah Menurut Perspektif Islam. WORLD OF WORK.
Kashfahri, R., Jelita, P., & Putri, E. (2025). Pendidikan Islam di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 5(2), 59–72.
Mubarok, A. (2018). Pendidikan Entrepreneurship Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Pondok Pesantren Al-Hidayah II Sukorejo Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi, 4(1), 1–22.
Muzaki, I. A., Mustofa, T., Abdurrohim, Ramdhani, K., Abidin, J., Farida, N. A., Ulya, N., Fauziah, D. N., Karyawati, L., Waluyo, K. E., Jayadi, A. L., Dalilati, F. A., & Fadiya, N. A. (2024). Pendekatan PBL dan TIK dalam Pendidikan Agama: Membentuk Generasi Moderat di Perguruan Tinggi Umum (T. Mustofa & A. S. Saefullah, Eds.). Rumah Literasi Publishing.
Muzaki, I. A., Nurlaeli, A., Abidin, J., Ramdhani, K., Nurhasan, Han Sein, L., & Saefullah, A. S. (2025). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Menuju Sumber Daya Insani yang Humanis, Berdaya Saing dan Mendunia. Rumah Literasi Publishing.
Ramayulis. (2015). Filsafat Pendidikan Islam Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam (Maret). Kalam Mulia.
Saefullah, A. S. (2021). Ibda’ Binafsik (E. Nuraeni, Ed.). Rumah Literasi Publishing.
Saefullah, A. S. (2024a). Pengembangan Bahan Ajar PAI Perspektif Inovasi Pendidikan. Rumah Literasi Publishing.
Saefullah, A. S. (2024b). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211.
Sholeh, A. N. (2021). Didiklah Karakter Anakmu Sesuai Zamannya – Majelis Ulama Indonesia. https://mirror.mui.or.id/mui-provinsi/mui-sulsel/32675/didiklah-karakter-anakmu-sesuai-zamannya/
Suryatna, Y. (2019). Analisis teologis atas materi khutbah jum’at dan relevansinya dengan peningkatan etos kerja, produktivitas dan pemberantasan kemiskinan umat Islam. CV Elsi Pro.
Syaripudin, A. (2016). Al-Qur’an sebagai Sumber Agama Islam. NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 2(1), 132–139.
Tuasikal, M. A. (2021). Hormati Keputusan Para Dokter di Masa Pandemi Ini - Rumaysho.Com. https://rumaysho.com/28766-hormati-keputusan-para-dokter-di-masa-pandemi-ini.html
Wahidin, U. (2013). Peran Budaya Organisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Masyarakat, Negara dan Bangsa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.