Manajemen Laboratorium Komputer dalam Peningkatan Kreativitas Pembelajaran Siswa di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.311Keywords:
Manajemen Laboratorium Komputer, Kreativitas SiswaAbstract
Manajemen Laboratorium Komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kreativitas pembelajaran siswa yang terdapat pada suatu lembaga pendidikan. Pada dasarnya dengan adanya manajemen laboratorium yang baik akan menjadikan dan akan mempermudah suatu lembaga dalam mencapai sebuah tujuan yang telah direncanakan sejak awal. Pada era modern sekarang khususnya seseorang dituntut untuk lebih mengikuti zaman terutama dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bermaksud melihat manajemen laboratorium komputer dalam peningkatan kreativitas pembelajaran siswa di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang.Penelitian ini mencoba menganalisis tiga hal yaitu: 1). Bagaimana Manajemen Laboratorium Komputer di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang? 2). Bagaimana Peningkatan Kreativitas Pembelajaran di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang? 3). Bagaimana Manajemen Laboratorium Komputer dalam Peningkatan Kreativitas Pembelajaran di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang?Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang yaitu dalam proses perencanaan pengadaan alat laboratorium komputer itu diadakan dua kali dalam setahun, dan untuk pemeliharaan laboratorium komputer sendiri, kepala laboratorium berperan penting dalam pemeliharaan serta pengawasan pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam laboratorium komputer. Dan sebelum dilakukannya proses pembelajaran, kepala laboratorium komputer harus memastikan ruangan laboratorium komputer dalam kondisi bersih, semua komputer dalam kondisi menyala dan siap untuk digunakan praktik.
References
Adiati. Manajemen Laboratorium Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media, 2020.
Angel Susiana Sri Harningsih, Efendi Napitupulu. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2014.
Ali, Mohammad, dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Siswa. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Ananto, Septian Dwi, dan Siti Umi Khayatun Mardiyah. “Manajemen Laboratorium Komputer Di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1 6, no. 2 (2017): 120–130.
B., Hamzah, dan Nurdin. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Daryanto. Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Destini, Frida. Pengelolaan Laboratorium Komputer. Klaten: Lakeisha, 2023.
George.R.Terry. Prinsip-Prinsip Manajemen, Terj. J. Smith. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Harningsih, Angel Susiana Sri, dan Efendi Napitupulu. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik).” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan 1, no. 1 (2015).
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Nuzuar. Pengantar Ilmu Pendidikan. Curup: LP2 STAIN CURUP, 2012.
Puspita, Weni. Manajemen Laboratorium. Sleman: CV Budi Utama, 2020.
Saefulloh, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.
Setiawan, Samdi, Cahyo Purnomo Prasetyo, dan Muhamad Safa’udin. “Rancang bangun sistem informasi manajemen laboratorium komputer berbasis web:(Studi Kasus: SMK Al Khoiriyah Baron Nganjuk).” Jurnal Tecnoscienza 5, no. 2 (2021): 197–212.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Syahputra, Rifaldi Dwi, dan Nuri Aslami. “Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry.” Manajemen Kreatif Jurnal 1, no. 3 (2023): 51–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










