Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum PAI dan Relevansinya dengan Tantangan Sosial Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1163Keywords:
Pendidikan karakter, Kurikulum PAI, Generasi ZAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) serta relevansinya dengan tantangan sosial yang dihadapi Generasi Z di era digital. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti religiusitas, tanggung jawab, integritas, dan empati melalui pendekatan tematik, proyek pembelajaran, serta Profil Pelajar Pancasila. Pendidikan karakter dalam PAI dinilai sangat relevan dan efektif dalam membentuk kepribadian Generasi Z apabila dirancang secara partisipatif, reflektif, dan kontekstual, serta melibatkan peran guru sebagai teladan dan fasilitator nilai. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penguatan pendidikan karakter berbasis Islam dan kebijakan nasional memiliki kontribusi strategis dalam membentuk Generasi Z yang bermoral, adaptif terhadap era digital, dan berdaya saing global.
References
(Dan et al., 2025)Dan, P., Teknologi, T., & Di, P. (2025). Prospek dan tantangan teknologi pendidikan di zaman generasi z dalam pondok pesantren. 6(3), 338–350.
Akbar, A., Mas’adah, M. A., Agustiawan, M. P., Sukino, S., & Supriyatno, T. (2024). Pengembangan Materi Akhlak untuk Generasi Z di MAN 1 Ketapang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(3), 408-421.
Al-Ghazali. (2002). Ihya’ Ulum al-Din (Vol. 3). Beirut: Dar al-Fikr.
Anshori, A. G. (2020). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Generasi Z. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 114–120.
Aziz, A. A. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pai Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Al-Hikmah.
Departemen Agama RI. (2007). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Syamil Cipta Media.
Elpayuni, N., Fitri, T. A., & Bedi, F. (2024). INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA DAN KARAKTER DALAM PENINGKTAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 895-905.
Faridl, Y. D. (2024). DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS REMAJA DI TENGAH REVOLUSI DIGITAL. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik.
Fauziah, U. (2019). Strategi Pendidikan Karakter pada Generasi Z di Era Digital. Jurnal Al-Makrifat, 4(1), 85–92.
Fitriani, A. (2021). Krisis Identitas Generasi Z dalam Era Media Sosial. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 9(2), 101–112.
Hadi, S. (2022). Peranan Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko - Bengkulu. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman.
Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hunaida, W. L., Wardani, R., & Salsabila, A. R. (2025). Relevansi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Generasi Z. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 4(1), 119-128.
Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran PAI dan BP SMA/MA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Metodologi penelitian kualitatif. (2018). (n.p.): CV Jejak (Jejak Publisher).
Muhaimin. (2003). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhalli, M. (2023). STRATEGI OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PADA MAHASISWA GENERASI Z. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 307-315.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, H. (2000). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.
Ningsih, T. (2021). Pendidikan Karakter Kontekstual bagi Siswa Digital Native. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 7(2), 88–97.
Oktavia, L., Botifar, M., & Wanto, D. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum PAI di SD Negeri 10 Ujan Mas. Jurnal Literasiologi, 9(2), 32–53. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i2.463
Pendidikan Agama Islam dalam Lensa Filsafat Ilmu. (2025). (n.p.): Uwais Inspirasi Indonesia.
Pengantar pengembangan kurikulum PAI. (2024). (n.p.): CV Brimedia Global.
Rahadian Rahmad, E. A. (2023). PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDI NUR ISMAIL CAHAYA SUNNAH KOTA PRABUMULIH. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN.
Rahmawati, D. (2024, April 03). https://fis.uii.ac.id/blog/2024/04/03/degradasi-moral-memaja-di-era-digital/. Retrieved from https://fis.uii.ac.id/blog/2024/04/03/degradasi-moral-memaja-di-era-digital/
Sari, H. P., Husna, S., & Siregar, R. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi terhadap Karakter Generasi Z. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 790-800.
Shihab, M. Quraish. (2009). Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Studi, P., Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Jurnal TAUJIH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 14 No.01(Pendidikan karakter dalam perspektif Islam), 78–90.
Suanto, A. R. (2025). Implemntasi Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Penguatan Karakter Religius. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa.
Sudirman, N. A., Rahayu, A. P., Pattipeilohy, P., & Mutmainnah, I. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter pada Remaja Generasi Z dalam Mengelola Kondisi Emosional. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1862-1873.
Suryadi, A. (2020). Pembelajaran Karakter yang Relevan bagi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 15–25.
Tan, H., & Tan, R. (2021). Sustainability and Social Responsibility in Gen Z Consumer Behavior. Journal of Business Ethics, 172(1), 89–105.
Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahid, A. (2020). Strategi Humanistik dalam Menangani Masalah Moral Remaja. Jurnal BKI, 5(2), 120–134.
WAKIB KURNIAWAN, D. A. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK AL HADIIDCILEUNGSI BOGOR. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan.
Wardani, M. S., Nugroho, N. R., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, Vol 1, No 1, Juli 2019, pp 27-33.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wicaksono, A & Saputra, H. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14 (2), pp. 479-496.
Yusof, M. (2015). Pendidikan Nilai dan Pembentukan Watak dalam Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–88.
Yusuf, B. (2024). Teknologi dan personalisasi pembelajaran pendidikan Islam untuk generasi Z. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 277-285.
Zamroni, A. (2019). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 3(1), 45–57.
Zuhairini et al. (2008). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuchdi, D. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep Dasar dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










