Pengaruh Implementasi Green History terhadap Minat Belajar Sejarah Lokal yang Kontekstual pada Peserta Didik

Authors

  • Suci Nur Halimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alleya Zahira Rahmadina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Camilia Farhana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silvia Novyanti Sitinjak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ibrahim Al Hakim Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.982

Keywords:

Green History, Minat Belajar, Pendidikan, Sejarah Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi metode green history terhadap minat belajar sejarah lokal yang kontekstual pada siswa. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada kecenderungan pembelajaran sejarah di sekolah yang masih terpaku pada buku teks dan penyampaian peristiwa sejarah secara kronologis saja sehingga seringkali dianggap monoton dan kurang relevan dengan kehidupan siswa. Melalui pendekatan green history, pembelajaran sejarah tidak hanya berfokus pada manusia dan kronologi peristiwa, tapi juga mengaitkan dampak peristiwa sejarah terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara kepada siswa siswi SMAN 2 Lembang dan SMAN 3 Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa green history berdampak positif terhadap peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa, serta menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan. Siswa merasakan pembelajaran sejarah menjadi lebih hidup dan  relevan. Dengan demikian, green history telah menjadi inovasi yang efektif dalam pembelajaran sejarah yang kontekstual.

References

Alfian, A. (2011). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan. 3(2)

Apdelmi. (2017). Efforts To Improve Students' Interest In Learning History Through Media Images On History Lessons In Sma Negeri 10 Pekanbaru. Proceeding Of The International Conference On Teacher Training And Education, 1(1), 115–119.

Hughes, J. D. (2006). What Is Environmental History?. Polity Press.

Karima, E. M., & Firza, F. (2019). Development Of Green-Based Teaching In The Study Of History For High School Students. In A. Pratama, S. A. Nugraha, & S. Sari (Eds.), Proceedings Of The 3rd Asian Education Symposium (Aes 2018) (Pp. 371–374). Atlantis Press.

Latief, J. A., Sari, N. N., & Fatimah, F. (2023). The Utilization Of Museums As A Contextual Learning Tool For History Education. Indonesian Journal Of Society Development, 4(1), 45–58.

Mahmud, A. H., & Warto. (2019). Improving Students' Critical Thinking Ability Through Learning Local History Of Tanggomo With Contextual Teaching And Learning Approach At Sman 03 Gorontalo. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 2(4), 558–567.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Stewart, C.J. & Cash W.B. 1982. Interviewing Principles And Practices. 3rd Edition. Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wakild, E., & Berry, M. K. (2018). A Primer For Teaching Environmental History. Duke University Press.

Worster, D. (1988). Doing Environmental History. In D. Worster (Ed.), The Ends Of The Earth: Perspectives On Modern Environmental History (Pp. 3–21). Cambridge University Press.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Suci Nur Halimah, Alleya Zahira Rahmadina, Camilia Farhana, Silvia Novyanti Sitinjak, Nandang Budiman, & Ibrahim Al Hakim. (2025). Pengaruh Implementasi Green History terhadap Minat Belajar Sejarah Lokal yang Kontekstual pada Peserta Didik. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 546–551. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.982

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)