Empat Pilar Intelektual UNJ: Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan terhadap Sistem Pendidikan Nasional

Authors

  • Ribi Tania Nyio Universitas Negeri Jakarta
  • Raden Roro Suken Khansa Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Puan Maharani Universitas Negeri Jakarta
  • Alifa Zahra Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1077

Keywords:

pendidikan nasional; UNJ; tokoh pendidikan; filosofi pendidikan; pendidikan multikultural.

Abstract

Abstrak. Pemikiran empat tokoh pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Winarno Surakhmad, Prof. Dr. Conny R. Semiawan, Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, dan Prof. Dr. Soedijarto tentu memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Gagasan mereka mencakup pendidikan berbasis filosofi, pembelajaran aktif, pendidikan anak usia dini, pendekatan multikultural, dan landasan pendidikan berbasis Pancasila. Pemikiran-pemikiran ini menawarkan strategi pendidikan yang relevan, adaptif, dan inklusif untuk menghadapi tantangan keberagaman dan globalisasi.

Author Biographies

Ribi Tania Nyio, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Prodi Manajemen

Raden Roro Suken Khansa Azzahra, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Prodi Manajemen

Puan Maharani, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Prodi Pemasaran Digital

Alifa Zahra Salsabila, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Prodi Pemasaran Digital

Lukman El Hakim, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Pengampu Mata Kuliah Wawasan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

References

Alwi, U., Badwi, A., & Baharuddin. (2021). Peran Pendidikan Sebagai Transformasi Sosial dan Budaya. doi:https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i2.176

Barokah, R. (2022). KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R TILAAR. Retrieved from https://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15995

HAR Tilaar: Kurikulum Pendidikan Harus Diubah. (2021, March 03). Kompas.com Retrieved from.https://megapolitan.kompas.com/read/2012/03/03/04395958/har.tilaar.kurikulum.pendidikan.harus.diubah?page=all.

Martha Tilaar berkabung, suaminya yang dikenal sebagai tokoh pendidikan wafat. (2019, October 30). Kontan.co.id Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/mar

tha-tilaar-berkabung-suaminya-yang-dikenal-sebagai-tokoh-pendidikan-wafat?page=all

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya. doi:https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

NAPITUPULU, E. L. (2022, October 13). Wariskan Pemikiran Pendidikan Berkelanjutan, Conny Semiawan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional. Kompas.id. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/10/12/wariskan-pemikiran-pendidikan-be

rkelanjutan-conny-semiawan-diusulkan-jadi-pahlawan-nasional

Prof. Dr. Conny R. Semiawan sebagai seorang tokoh pendidikan. (2024, 04 Februari). (2024, February 04). Slideshare. Retrieved from https://www.slideshare.net/slides

how/prof-dr-conny-r-semiawan-sebagai-seorang-tokoh-pendidikanpdf/266388684

Putra, A. J. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/58107/1/Modul%20Filsafat%20Pendidikan.pdf

Tilaar, H. (2003). Kekuasaan dan Pendidikan : Perspektif Studi Kultural (Suatu Tinjauan). Magelang: Indonesia Tera.

Tirta, N. W. (1982). Winarno Surachmad: hasil karya dan pengabdiannya. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25218

ULVIANI, K. (2020). BIOGRAFI SOEDIJARTO DALAM PEMIKIRAN PENDIDIKAN NASIONAL. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8985

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Nyio, R. T., Khansa Azzahra, R. R. S., Maharani, P., Salsabila, A. Z., & Hakim, L. E. (2025). Empat Pilar Intelektual UNJ: Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan terhadap Sistem Pendidikan Nasional. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(4), 239–244. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1077

Issue

Section

##section.default.title##