MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF STRATEGI PEMASARAN UNTUK BANK SYARIAH

Authors

  • Nur Fadillah Putri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Is Susanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jemba.v1i4.549

Keywords:

Islamic banking, marketing strategy, SWOT, marketing mix,digital

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu suatu prosedur pemasaran yang terencana dan terstruktur yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Seiring dengan berkembangnya suatu perusahaan, maka persaingan perusahaan tidak dapat dihindari, terutama di dunia perbankan. Perbankan syariah di Indonesia hadir dengan prinsip syariah Islam. Produk dan layanan yang terbatas, membuat pangsa pasar bank syariah tumbuh secara lambat. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pangsa pasar, dengan strategi transparan. Artikel ini juga membahas pentingnya adaptasi terhadap perubahan pasar dan pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung strategi pemasaran bank syariah. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, bank syariah perlu mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif dan efisien, seperti penguatan kerjasama dengan berbagai pihak, peningkatan kualitas produk, serta pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis bagaimana bank syariah dapat meningkatkan pangsa pasar dan loyalitas nasabah. Hasil menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran yang transparan dan inovatif dapat membantu bank syariah untuk lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat, sehingga mampu bersaing dengan bank konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana strategi pemasaran transparan bagi perbankan syariah dan tantangan apa yang dihadapi bank syariah dalam memasarkan produk.

References

A’yun, Q. A. N., & Latifah, F. N. (2021). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Menghadapi Pandemi Covid-19. … : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 237–250. http://103.114.35.30/index.php/Mas/article/view/5167

Abdul Jalal, M. K. R. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Pada Bank Syariah Indonesia KCP Medan Pulo Brayan. Penelitian Administrasi Publik, 1(03), 155.

Agustina, D., Mahilda Anastasia Putri, & Mochammad Givary Ramadhan. (2021). Pemetaan Riset Strategi Pemasaran Bank Syariah: Analisis Bibliometrik. Malia (Terakreditasi), 12(2), 225–242. https://doi.org/10.35891/ml.v12i2.2417

Ciptaningsih, S. A., Septianingsih, C. C., Hanifa, N., & Kunci, K. (2023). DALAM PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam ( AT-TARIIZ ) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah dalam Produk Pembiayaan Bank Syariah Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah dalam p. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 04(02), 208–220.

Februari, B., & Yanti, N. (2024). Strategi Pemasaran PT Bank Syariah Indonesia KCP Cemara Asri dalam Menawarkan Produk Pembiayaan Pra Pensiun Guna Menarik Minat Nasabah. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 54. https://doi.org/10.33087/eksis.v15i1.427

Hidayatullah, M. ., Indahwati, A., Setianingrum, N., & Ahmadiono, A. (2023). Strategi Pemasaran Produk Mitraguna di Bank Syariah Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2836–2842. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4123

Himmawan, D., & Agniah, M. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Jatibarang Indramayu. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 2(2), 69–79. https://doi.org/10.31943/jsef.v2i2.35

Karjuni, A., & Mulasih, S. (2021). Strategi Pemasaran Syariah dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren Cirebon Tahun 2020. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, 2(1), 49. https://doi.org/10.47453/ecobankers.v2i1.326

Keuangan, P. I., Tania, F., Fiyantika, P., & Laily Nisa, F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Dalam Menghadapi. Economic and Business Management International Journal Mei, 6(2), 2715–3681.

Malik, T. (2022). Strategi Pemasaran Syariah Bank Muamalat Indonesia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 834–842. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1324%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/download/1324/966

Mutiara Sani Siagian, & Nungraeni Nungraeni. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(4), 101–106. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i4.398

Paranggi, A., & Setiyowati, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mitraguna Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang …. Musyarakah: Journal of Sharia …, 3(2), 123–132. https://journal.umpo.ac.id/index.php/MUSYROKAH/article/view/8090%0Ahttps://journal.umpo.ac.id/index.php/MUSYROKAH/article/download/8090/2846

Pemasaran, S., Bank, P., & Di, S. (2023). 2285-Article Text-6446-1-10-20230228. 05(1), 1–10.

Putri David, N. A. A., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Bank Syariah di Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Lab, 6(02), 143–162. https://doi.org/10.33507/labatila.v6i02.1023

Riyaldi, R., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KC Simpang Patal Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 377–394. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.82

Sari, D. N., & Fasa, M. I. (2023). Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.936

Suhri, M. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat Di Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1(1), 30–49.

Yaqin, H. N., & Manggala Wijayanti, I. (2023). Strategi Pemasaran dan SWOT dalam Pembangunan Brand Image dan Penguatan Pondasi Bank Syariah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 49–56. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1749

Yogi, G. A., & Basir, G. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Bank Syariah Indonesia LCP Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 222–231. https://doi.org/10.55903/juria.v2i2.82

Zumayjah, M. I., & Tirtajaya, M. D. (2022). Strategi Pemasaran KPRS Bank Syariah Mandiri. At-Tamwil: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2), 129–143. https://doi.org/10.33558/attamwil.v1i2.5722

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Nur Fadillah Putri, Muhammad Iqbal Fasa, & Is Susanto. (2024). MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF STRATEGI PEMASARAN UNTUK BANK SYARIAH. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(4), 527–537. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i4.549

Issue

Section

Articles