Peran Pendidikan Pada Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Nilai-Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Amrina Rosyada UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Rini Sabina UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Ayu Lestari UIN RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.64

Keywords:

IPS, Nilai Sosial, Pendidikan

Abstract

Pendidikan mempunyai peran sentral dalam menciptakan karakter sekaligus kepribadian siswa, tidak hanya dalam aspek akademis dan tapi juga membentuk nilai – nilai sosial dan budaya yang mendasar.  Pendidikan ialah perihal penting teruntuk kehidupan Masyarakat dikarenakan adanya Pendidikan seseorang bisa mengaktualisasikan kehidupannya. Kualitatif deskriptif Hasil penelitian (Ilham, 2020) Perkembangan sosial ialah proses pembentukan kepribadian guna mendapat kapabilitas berprilaku dimana relevan dengan norma sekaligus nilai dimana ada di  sekitarnya. Realitas pola perilaku anak ada yang berperilaku sosial dan tidak. Dalam konteks pendidikan disekolah dasari, peran pendidikan dalam membentuk nilai-nilai sosial dan budaya siswa sangatlah signifikan. Sekolah ialah lembaga yang mempunyai responsibilitas besar guna menyiapkan generasi muda agar menjadi seseorang yang berkarakter kuat sekaligus terintegrasi dengan nilai-nilai budaya lokal mereka. lewat pendekatan kurikulum berbasis budaya, sekolah telah berhasil mengintegrasikan nilai lokal ke pembelajaran sehingga siswa dapat lebih memahami sekaligus menghargai warisan budaya serta tradisi yang ada di sekitarnya. Selain itu, guru sebagai teladan mempunyai peran tidak kalah penting guna membimbing siswa untuk menginternalisasi sekaligus mengimplementasikan nilai sosial dan budaya di kesehariannya. lewat contoh yang mereka berikan, siswa bisa belajar untuk menghargai nilai contohnya kerja sama, rasa hormat, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

References

Susanto, A (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Penerbit Kencana

Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik lewat Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109–120.

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 271. Https://Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Au/Article/View/260

Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 271–277.

Ilham. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. El-Muhbib, 4, 162–180.

Khatimah, H. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan, 13(2), 127–132.

Marjohan. (2014). Hubungan Keteladanan Orang Tua Terhadap. Jurnal Ilimiah Ppkn, 2(1), 14–23.

Nafaida, R. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Bioology Education Science, 3(2), 57–61.

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 895–902.

Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Purwaningsih, I., Oktariani, & Hernawati, L. (2022). PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1).

Rachman, M. (2015). Pengembangan Pendidikankarakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. Forum Ilmu Sosial, 40(1), 1–15.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar. 8(2), 89–100.

Saraswati1, A. J., Bramasta, D., & Karma Iswasta Eka. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 778–783.

Siti, A., Nur, G., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1–5.

Sugiarto. (2016). Nilai-Nilai Karakter Yang Membangun Peradaban Manusia. 4(1), 1–23.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 667–677.

Syahril Muhammad, Irwan Djumat. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Untuk Membentuk Karakter Peserta. Jurnal Geocivic, 4, 37–47.

Umar, J. (2015). Peranan Nilai Sosial Dalam Pengembangan Pendidikan Umum. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 1–18. Https://Doi.Org/10.24042/Alidarah.V5i2.758

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media

Widiawati, R., & Ansori, Y. Z. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Sosial Dan Perilaku Sosial Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 27–34.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Amrina Rosyada, Rini Sabina, & Ayu Lestari. (2024). Peran Pendidikan Pada Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Nilai-Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 96–110. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.64

Issue

Section

##section.default.title##