"mewujudkan nilai Pancasila melalui peran mahasiswa: tinjauan hak dan kewajiban bagi Pendidikan"

Authors

  • Emilia Susanti Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim RIAU
  • Pitri Pardomuan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim RIAU
  • Purningsyih Purningsyih Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim RIAU
  • Zahara Salsabila Bila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.991

Keywords:

hak dan kewajiban, mahasiswa, pancasila, pendidikan, peran sosial

Abstract

Pancasila sebagai landasan negara memainkan peran penting dalam membentuk karakter serta arah penyelenggaraan pendidikan nasional. Mahasiswa, sebagai bagian dari komunitas akademik dan agen perubahan sosial, memiliki tanggung jawab besar dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi mahasiswa dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dengan meninjau hak dan kewajiban mereka dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menganalisis berbagai sumber literatur mengenai peran mahasiswa, hak dan kewajiban pendidikan, serta nilai-nilai dasar Pancasila. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap hak dan kewajiban mereka mampu memperkuat peran aktif dalam membangun suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, keadilan sosial, demokrasi, dan persatuan bangsa. Temuan ini menyiratkan pentingnya penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila di perguruan tinggi agar mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki integritas serta kepedulian sosial yang tinggi.

References

A. Aisah, N. Suryani, and S. S. Fadilah,(2017), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Bahrudin, F. A. (2020). Peran mata kuliah pendidikan pancasila sebagai mata kuliah wajib umum dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 3(1), 49-66.

Christi, G.K. Pakpahan, I. Salman, A.B. Setyobekti, I.S Sumual, Apin Militia,(2021), Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah radikalisme, Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol 2, No 2, hal 435-445.

Fauziah, I., & Nurdin, E. S. (2021). Internalization of Humanitarian Values Based on Pancasila in Higher Education. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 45–52. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i1.9477

Irwan Gesmi and Yun Hendri, Pendidikan Pancasila, ed. by Uwais Inspirasi Indonesia (Sidoarjo: Indonesia, Uwais Inspirasi, 2018)

Kartikasari, A. D., Irwanaputri, N. Z., Oktafia, A., & Puspita, A. M. I. (2025). Implementasi Pendidikan Pancasila di Kalangan Mahasiswa: Membangun Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 2175-2180.

Maharani, A., Wirayudha, A. S., & Firdaushi, A. P. R. (2023). Implementasi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Upaya Meningkatkan Karakter Mahasiswa. Indigenous Knowledge, 2(3), 246-253.

Maharani, A., Wirayudha, A. S., & Firdaushi, A. P. R. (2023). Implementasi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Upaya Meningkatkan Karakter Mahasiswa. Indigenous Knowledge, 2(3), 246-253.

Maryanti, E., Muttaqin, I., & Shidiq, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Mahasiswa di Lingkungan Kampus. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(1), 166–176.

Puspita, A. M. I., Euanggelion, K. W., Ramadhan, S. A. F., & Putra, B. P. (2024). Pengamalan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Dengan Menumbuhkan Rasa Kesadaran Melalui Hak Dan Kewajiban. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 108-112.

R. Arifin,L. E. Lestari,(2019), Penegakan dan Perlindungan Hak Asasi manusia di Indonesia dalam konteks implementasi sila kemanusiaan yang adil dan beradab, Jurnal Komunikasi Hukum, vol. 5, no. 2, hal 12–25.

Rahmawati, D., & Putra, A. (2020). Internalization of the First Principle of Pancasila in Higher Education Students. Jurnal Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, 5(1), 12–20.

Saputri, S. A. S., & Najicha, F. U. (2023). Peran Penting Pancasila Sebagai Sistem Etika Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 240-246.

Sari, R., & Hidayat, A. (2022). The Role of Students in Strengthening National Unity Based on Pancasila Values. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(3), 231–240.

Susetya, A. P., Artanti, M. S., Swari, P. D. R., Timur, E. L. L., & Puspita, A. M. I. (2024). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Membentuk Karakter dan Integritas Mahasiswa. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 511-514.

Taqiuddin, H. U., & Suriadiata, I. (2022). Peran Organisasi Kemahasiswaaan Dalam Penguatan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 4(2), 95-102.

Tika, A., Aulia, D., & Munandar, T. A. (2024). Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Yang Sesuai Dengan Nilai–Nilai Pancasila. Hukum Inovatif: Jurnal Ilmu Hukum Sosial dan Humaniora, 1(2), 161-168.

Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi mahasiswa sebagai agent of change dalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3), 96-101.

Wati, N. (2024). HUBUNGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DALAM PANCASILA: PERAN, PERLINDUNGAN, PARTISIPASI DAN PENEGAKAN. SULTAN ADAM: Jurnal Hukum dan Sosial, 2(2), 295-307.

Wulandari, R. N., & Widiyanti, D. (2021). Internalization of Pancasila Values in Student Organizations at Higher Education. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(2), 157–166.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Emilia Susanti, Pitri Pardomuan, Purningsyih Purningsyih, & Bila, Z. S. (2025). "mewujudkan nilai Pancasila melalui peran mahasiswa: tinjauan hak dan kewajiban bagi Pendidikan". JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 591–600. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.991

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)