Membangun Suasana Religius Di Sekolah : Studi Eksploratif Tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Spiritual Siswa

Authors

  • Elia Nur Habibah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hilda Rizki Almira Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jaenal Abidin Universita Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Azis Universita Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.947

Keywords:

suasana religius, lingkungan sekolah, perkembangan spiritual, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana lingkungan sekolah yang religius dapat berperan dalam membentuk dan mengembangkan spiritualitas siswa. Lingkungan sekolah bukan hanya tempat pembelajaran akademik, tetapi juga menjadi arena pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai keagamaan secara mendalam. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi eksploratif, penelitian ini menggali peran guru, aktivitas keagamaan, dan budaya sekolah dalam menciptakan atmosfer religius yang mendukung pertumbuhan spiritual siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi pada sebuah Madrasah Ibtidaiyah yang secara konsisten membangun suasana religius dalam keseharian. Adapun analisis data yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana religius yang dibangun secara konsisten mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan empati pada diri siswa. Guru berperan sebagai teladan, kegiatan keagamaan seperti doa bersama dan tadarus Al-Qur’an menjadi rutinitas pembentuk karakter, dan lingkungan fisik seperti kaligrafi bernuansa Islami serta mushola turut memperkuat suasana spiritual. Kesimpulannya, lingkungan sekolah yang religius memiliki kontribusi signifikan dalam pembentukan spiritualitas siswa secara holistik.

Kata kunci: suasana religius, lingkungan sekolah, perkembangan spiritual, pendidikan karakter, sekolah dasar Islam

References

Al Haddar, G. (2016). Upaya Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMP Yapan Indonesia, Depok. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).

Apriani, W., Syahputri, D. D., & Rahmah, S. R. (2023). Implikasi Pendidikan Moral Dan Spiritual Terhadap Pendidikan Di Mis Nurul Arafah. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 58–64. https://doi.org/10.56832/pema.v3i1.324

Ardiyanti, A. D., Aryantika, N., Mufidah, Y., Tandjung, A. R. S., Ramadhani, O., & Kusumastuti, E. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan West Science, 2(3).

Aulia, T. (2023). Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya. Jurnal Ilmiah.

Febby Yuliana Putri, rosichin mansur, moh. muslim. (2022). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 7 Nomor 6 Tahun 2022. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Di Sman 5 Malang, 7(1), 280.

Fitriana, R. (2014). Metode penelitian. Procedia Manufacturing, 1(22 Jan), 1–17.

FUTUROH, R. (2023). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH MA’ARIF PANJENG 1 JENANGAN PONOROGO.

H.A.R, T. (2002). Pendidikan, kebudayaan dan masyarakat. Remaja Rosdakarya.

Imron Fauzi, Diana Novita sari, M. J. (2024). Pengembangan Budaya Religius pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, 17(1).

Indonesia), K. (Komisis P. A. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. Siaran Pers.

Kemendikbud. (2020). Panaduan Penguatan Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khuriyah, N. K. U. &. (2021). Hubungan antara Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Cendekia, 15(1).

Lestari, A. P. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Spiritual Islam pada Siswa Sekolah TK. Khidmat : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2 no 2.

M. Nauval Hadad Fanani, R. S. (2024). OPTIMALISASI KECERDASAN SPIRITAUL MELALUI PEMBELAJARAN BTQ. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).

Marshall, Z. &. (2000). Spiritual intelligence, the ultimate intelligence. Bloomsbury.

Muspiroh, N. (2013). INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam). 28(3).

Nafilah, M. B., Ghofur, A., & Khoirunnisa, R. (2025). IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PESERTA DIDIK DI MAN 3 JOMBANG. Millatuna ; Jurnal Studi Islam, 2(1).

Nashihin, M. I. (2023). Peran Kebudayaan Religius di Sekolah Terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Siswa (Studi Kasus Madrasah Pembangunan UIN Jakarta). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol. 8, No.

Nindy Puspitasari, I. M. S. (2023). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGUATAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA AL-ISLAM KRIAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1).

Oktafia, M., & Adiyono, A. (2023). Mengeksplorasi Dampak Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 1(3).

Putri Nur Shoumi, E. Y. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Al Washilyah 15 Medan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2).

R. Siti Pupu Fauziah, Novi Maryani, R. W. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 5(1).

Rangkuti, M. (2024). Teknik-Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian. Fahum.

Santi, D. A. (2024). Pengamalan Nilai-nilai Religius Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negri 3 Tumijajar.

Sutarto. (2022). MembangunBudaya ReligiusDi Sekolah: Suatu Kajian Terhadap Konsep, Pola, Model, Pendekatan, Metode, Strategi Dan Problematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

YANA, H. H., M ABDUN JAMIL, A. A., AHMAD, MUBAIDILAH4, & NAWAWI, M. L. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPIRITUAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PENDEKATAN FENOMENOLOGIS. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Elia Nur Habibah, Hilda Rizki Almira Hakim, Jaenal Abidin, & Abdul Azis. (2025). Membangun Suasana Religius Di Sekolah : Studi Eksploratif Tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Spiritual Siswa. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 340–350. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.947

Issue

Section

##section.default.title##