ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS MENTIMETER DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI GHIBAH KELAS VIII DI SMPIT BILINGUAL NURUL IMAM KARAWANG

Authors

  • Elia Nur Habibah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ismaya Nur Asysyiddah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Junia Nawangsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Asri Harahap Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jaenal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.979

Keywords:

Mentimeter, metode ceramah, kuis interaktif, ghibah, pendidikan agama islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif metode pembelajaran kuis interaktif Mentimeter dibandingkan dengan ceramah tradisional untuk mengajarkan materi gosip dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk siswa kelas delapan di SMPIT Bilingual Nurul Imam Karawang. Metodologi kuantitatif digunakan, memanfaatkan kerangka kerja kuasi-eksperimental bersama dengan pendekatan purposive sampling untuk memilih peserta. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: satu yang berpartisipasi dalam pembelajaran yang ditingkatkan dengan Mentimeter dan yang lain yang belajar melalui ceramah tradisional, masing-masing terdiri dari 16 dan 13 siswa. Alat pengumpulan data meliputi pretest, posttest, dan lembar observasi untuk menilai tingkat pemahaman dan keterlibatan siswa di seluruh pelajaran. Analisis data mengungkapkan bahwa kelompok eksperimen melihat peningkatan skor N-Gain rata-rata sebesar 0,32 (32%), sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 0,14 (14%). Hal ini menunjukkan bahwa kuis interaktif berbasis Mentimeter secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi gosip lebih efektif daripada metode ceramah tradisional. Mengingat temuan ini, disarankan bagi guru untuk menggabungkan alat interaktif seperti Mentimeter untuk meningkatkan kualitas dan dampak Pendidikan Agama Islam di sekolah.

References

Aditya, Dedy Yusuf. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Teknik Informatika : Universitas Indraprasta PGRI.” Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, vol. 1, no. 2, 2016.

Deviana,Tyas, and Nawang Sulistyani. “Implementing Hots-Based Interactive Quizzes Oriented on Local Wisdom through Quizizz Application at Elementary Schools.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 10, no. 1, 2021, pp. 159 –173.

Ismu. (2024). Universitas Ahmad Dahlan: Ghibah Dosa Besar. Diakses dari https://foodtechlab.uad.ac.id/ghibah-dosa-besar/

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan, vol. 1, no. 1, 2013.

Mahmashony, S. “Optimalisasi Pengajaran Aqidah Dengan Google Classroom Dan Interactive Mentimeter Pada Prodi Farmasi FMIPA UII.” Journal of Information and Computer Technology Education, vol. 2, no. 1, 2018.

Natalia Winda, Makalah Metode Ceramah (2017).

Ramadhan, M. A. (2022). Metode ceramah untuk pembelajaran.

Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001).

Sari, Rafika, et al. “Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam PembelajaranDaring Pada SMAN 14 Bekasi.” Journal of Computer Science Contributions (JuCosCo, vol. 1, no. 1, 2021.

Sukaca, A. (2020). Redaksi Muhammadiyah: Dilarang Bergunjing (Ghibah). Diakses dari https://muhammadiyah.or.id/2020/08/dilarang-bergunjing-ghibah/

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna:Jurnal Pendidikan Islam4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers."CakrawalaPendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Elia Nur Habibah, Ismaya Nur Asysyiddah, Junia Nawangsih, Hendra Asri Harahap, & Jaenal Abidin. (2025). ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS MENTIMETER DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI GHIBAH KELAS VIII DI SMPIT BILINGUAL NURUL IMAM KARAWANG. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 523–532. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.979

Issue

Section

##section.default.title##