Pengaruh Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar pada Siswa MTs Al Maghfiroh

Authors

  • Agnes Aurora Yulieta Sudarto Universitas Negeri Jakarta
  • Nadya Fadillah Fidyallah Universitas Negeri Jakarta
  • Aditya Pratama Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1251

Keywords:

parenting style, parents' socioeconomic status, learning motivation, academic achievement.

Abstract

Abstrak. Abstract. This study aims to determine the extent to which parenting styles, parents' socioeconomic status, and learning motivation influence student academic achievement at MTs Al Maghfiroh Jakarta. The background of this study is the low academic performance of students, as indicated by their report card grades, and preliminary survey results showing that both internal factors within students and their surrounding environment play a role in their academic achievement. The study was conducted by distributing questionnaires to 124 students as respondents, and the data was analysed quantitatively. The results of the study indicate that parenting styles, parents' socioeconomic status, and learning motivation all have a positive and significant influence on students' academic achievement, both individually and collectively. This demonstrates that students' success is not only influenced by their internal motivation to learn but also by the role and support of their families, including how parents educate their children and the economic conditions at home. These findings encourage all parties, especially schools and parents, to collaborate in creating a more supportive learning environment for students.
Keywords: parenting style, parents' socioeconomic status, learning motivation, academic achievement.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Maghfiroh Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya nilai siswa pada nilai rapot siswa, serta hasil survei awal yang menunjukkan bahwa baik faktor dari dalam diri siswa maupun lingkungan sekitar berperan dalam pencapaian belajar mereka. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 124 siswa sebagai responden, dan data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh, status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar sama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Ini membuktikan bahwa keberhasilan siswa tidak hanya dipengaruhi oleh semangat belajar dari dalam diri mereka saja, tetapi juga oleh peran dan dukungan keluarga, termasuk cara orang tua mendidik serta kondisi ekonomi di rumah. Temuan ini mengajak semua pihak, terutama sekolah dan orang tua, untuk bekerja sama menciptakan suasana belajar yang lebih mendukung bagi siswa.
Kata Kunci: pola asuh, status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar.

References

Acicahyadi, P. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Lembaga Pendidikan Islam Nurul Anwar. Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGenus), 2(2), 305–311. https://samudrapublisher.com/index.php/jpgenus

Anas, M. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2. Binomial, 2(1), 12–32.

Andini, Khusaini, & Syamiya, E. N. (2023). Status Sosial Ekonomi Orang tua Menentukan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Mikro. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(1). https://doi.org/10.29408/jpek.v8i1.21486

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102.

Dewi, S. P., Mertasari, N. M. S., & Setemen, K. (2023). Pengaruh Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1).

Djamal, S. N., & Buchory, D. (2016). Pengaruh Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Sosialita, 8.

Fanani, M. N. I., Nur Bawono, M., Wahyudi, H., & Widodo, A. (2024). Analisis Tingkat Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Pada Siswa Usia 14-16 Tahun Mengikuti SSB AMANDA KABUPATEN LUMAJANG. Jurnal Kesehatan Olahraga, 12, 37–46.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Gustari, Z. D., Setiani, A., & Ramafrizal, Y. (2023). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar (Survei pada siswa kelas XI IPS SMA Plus Assalaam Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 08, 2549–2284.

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora.

Jeverson Taluke, O., Lesawengen, L., & Suwu, E. A. A. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat (Vol. 14, Issue 2).

Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Maftuhah, M. (2021). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Brondong Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 219–230. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.105

Meilani, R. P., Musa, S., & Dewi, R. S. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepercayaan Diri Anak (Studi Kasus di PAUD Arbagani Sam Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 477–482. https://doi.org/10.5281/zenodo.7068022

Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemic Covid-19. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, konsep diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89.

Prabasari, B., & Subowo. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549–558. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Prayogo, D., Kristianto, A., Pelita, S., & Semarang, N. (2020). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Taruna Teknika. 2580–6335. https://doi.org/10.35569

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif dalam mendidik anak di era digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143.

Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.

Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME : Journal of Management, 5(3), 452–462. https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.3067

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Aurora Yulieta Sudarto, A., Nadya Fadillah Fidyallah, & Aditya Pratama. (2025). Pengaruh Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar pada Siswa MTs Al Maghfiroh. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(4), 624–635. https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1251

Issue

Section

Articles