IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.676Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Akreditasi, Satuan PAUDAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan akreditasi pada satuan pendidikan anak usia dini di Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode kinerja Van Metter dan Van Horn yang menggunakan enam aspek yakni 1) Standar dan sasaran kebijakan/ukuran dan tujuan kebijakan. 2) Sumber Daya, 3) Karakteristik organisasi pelaksana, 4) Disposisi atau sikap pelaksana, 5) Komunikasi antar organisasi dan 6) Lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengambilan informan secara purposive sampling dan jumlah informan terpilih enam orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan akreditasi pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Palu belum optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan: 1( Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang belum terakreditasi masih banyak meskipun sudah ada standar kebijakan pengleolaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2) Terbatasnya sumber daya manusia maupun sumber dana dalam membangun dan meningkatkan kualitas Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jumlah asesor di Palu masih kurang. Demikian pula dengan pengajar dan tenaga kependidikan yang kompeten. 3) Pihak implementor telah mensosialisasikan secara intensif pentingnya akreditasi bagi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini namun tidak menuai hasil maksimal. 4) Kondisi lingkungan, sosial, ekonomi cukup mendukung pengembangan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Palu.
References
Abdul Wahab, Solikin. (2012) Analisis Kebijakan, Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Agustino, Leo. (2012). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta, cetakan ketiga.
Badan Akreditasi Nasional. (2019). Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2019.
Dahliani, A. (2019). Mengintip Kebijakan Akreditasi PAUD. Cimahi.
Nugroho, Riant. (2012). Public Policy. Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo-Kelompok Gramedia, Edisi Keempat, Revisi 2012.
Sujiono. Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
Winarno, Budi. (2012). Kebijakan Publik : Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS, Cetakan Pertama.
Hervita, Revi (2003). Implementasi Akreditasi Satuan PAUD di Kota Padangsidempuan Kecamatan Padangsidempuan Selatan Pascasarjana FTIK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.
Wahyuni, Desi. (2021). Kebijakan Akreditasi Sebagai Standar Kualitas PAUD Dalam Sudut Pandang Keadilan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Yuliantina, I. (2009). Pentingnya Akreditasi Satuan PAUD, BAN PAUD dan PNF.https://bandpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/pentingnya-akreditasi-satuan-paud. diunduh pada tanggal 15 Februari 2024, Pukul 10.00 WITA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.