kemampuan fisik motorik anak tunadaksa di SLB B Pembina Palembang

Authors

  • Rizka Ananda Universitas Sriwijaya
  • Adelia Istiqomah Universitas Sriwijaya
  • Naselariska Naselariska Universitas Sriwijaya
  • Tasya Reina Azzahra Universitas Sriwijaya
  • Alica Naswa Putri Universitas Sriwijaya
  • Maroofa A'izahfira Universitas Sriwijaya
  • Yuni Dwi Suryani Universitas Sriwijaya
  • Dara Zulaiha Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.840

Keywords:

Physical motor skills; Physically disabled children; early childhood

Abstract

Pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap anak, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti tunadaksa.Kemampuan motorik adalah kemampuan anak dalam mengendalikan dan mengoordinasikan gerakan tubuhnya, yang terbagi menjadi dua: motorik kasar dan motorik halus. Berdasarkan permasalahan yang telah di uraikan maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan, dan menganalisis kemampuan fisik motorik anak tunadaksa di SLB B Pembina Palembang secara mendalam seperti Bagaimana kemampuan fisik motorik kasar dan halus anak tunadaksa di SLB-B Negeri Pembina dan apa saja tantangan serta solusi yang dihadapi oleh guru pada saat mengajar anak tunadaksa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus.Lokasi di SLB-B Negeri Pembina Kota Palembang.Hasil menunjukkan bahwa anak tuna daksa sering disebut juga  dengan  anak  yang  mengalami  kecacatan  pada tubuh,  fisik,  dan  ortopedi. Definisi dari pengertian tuna daksa yaitu anggota  tubuh  yang  tidak  mampu  untuk  melaksanakan  fungsinya, sehingga dalam proses pembelajarannya di perlukan layanan khusus.

References

Dwanita, Z., Malik, E. A., & Ismaryati, I. (2021). Meningkatkan Potensi Gerak Kasar Anak Tunadaksa Ringan melalui Pendekatan Bermain. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi, 2(1).

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Gading, I. K., Sujana, I. W., & Pratiwi, N. P. A. (2024). Media Interaksi: Menembus Batas Penyandang Disabilitas di SLB Negeri 1 Gianyar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13865–13873.

Khodijah, S. (2022). Penerapan Latihan Motorik Halus untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Angka pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar I di SLB Negeri Parepare. Universitas Negeri Makassar.

Lumbanraja, H. M. U., Mardatillah, J., Ridhani, A., & Mallisa, H. E. (2024). Skrining dan Edukasi Pencegahan Kelainan Postur Tubuh pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 66-76.

Lisma br Manik, Elen Varelija Pasaribu, E. S. H. (2023). Implementasi Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11227–11249.

Mutiara Navy Putri S, Apriyanur Rohim, Irawati, Nurdiana, Andika Adinanda Siswoyo. (2024). Strategi Mendukung Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Daksa Di SLB Negeri Keleyan Bangkalan, 63-69.

Nickmah, S. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus pada Murid Tunadaksa melalui Latihan Mewarnai Gambar Kelas Dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar.

Rahmi Pertiwi, Getar, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1(1): 41–52. doi:10.61104/jq.v1i1.59.

Sunardi, Yusuf, M., Gunarhadi, & Priyono. (2011). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasinya di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Syarief, N. S., an Pangestu, A., Putri, H. K., Filkhaqq, T. Y. A., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(2), 275-285.

Sira, N. F., & Sudirman, S. (2024). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa di SLB Negeri 1 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 303–314.

Veryawan veryawan, H. S. A. (2022). Studi Kasus : Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763

Wahyuni, R., & Mawardah, M. (2021). Penggunaan Media Belajar Melipat, Menggunting dan Menempel (3M) untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Tunadaksa di SLB Negeri Sekayu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4).

Zai, Eka Periaman, Maria Magdalena Duha, Efrata Gee, and Bestari Laia. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sma Negeri 1 Ulugawo.” Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3(2): 13–23. doi:10.57094/jpe.v3i2.460.

Zumratun, Z. (2023). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNA DAKSA) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DESA TENTE KEC. WOHA. FASHLUNA, 4(1), 78-86.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Ananda, R., Istiqomah, A., Naselariska Naselariska, Reina Azzahra, T., Naswa Putri, A., A’izahfira, M., Dwi Suryani, Y., & Zulaiha, D. (2025). kemampuan fisik motorik anak tunadaksa di SLB B Pembina Palembang. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 18–28. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.840

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)