PERAN SERTA STRATEGI PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM ORGANISASI KEPEMUDAAN TIDAR (TUNAS INDONESIA RAYA) DI BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Neneng Saputri Universitas Lampung
  • Desvika Putri Lailani Universitas Lampung
  • Anisia Rianti Tamara Universitas Lampung
  • Rima Yuni Saputri Universitas Lampung
  • Ana Mentari Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.860

Keywords:

Organisasi Kepemudaan, Generasi Muda, Tunas Indonesia Raya (Tidar), Pemberdayaan Pemuda, Partisipasi Politik.

Abstract

Organisasi kepemudaan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pembangunan nasional. Tunas Indonesia Raya (Tidar) sebagai sayap kepemudaan Partai Gerindra hadir dengan visi untuk menampung aspirasi dan membentuk jiwa kepemimpinan pemuda Indonesia. Melalui berbagai program seperti pelatihan kepemudaan dan kegiatan sosial, Tidar tidak hanya membangun kapasitas individu, tetapi juga membentuk kesadaran sosial dan politik generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas dan peran pemuda dalam organisasi Tidar di Bandar Lampung. Fokus utama terletak pada identifikasi kendala serta strategi pemberdayaan yang diterapkan oleh pengurus organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Tidar tidak terlepas dari pendekatan partisipatif dan dialogis yang mendorong anggota untuk aktif, meskipun masih dihadapkan pada tantangan internal seperti perbedaan sudut pandang dan tingkat komitmen anggota.

References

Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90-92.

Budiwibowo, S. (2013). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01).

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era global. Humanika, 16(9).

Kartini, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pendidikan Pancasila dalam menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 405-418.

Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1).

Muttaqin, Z., & Wahyun, W. (2019). Pemahaman dan implementasi ideologi Pancasila di kalangan generasi muda. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27-35.

Putra, R. A., Handoko, Y., & Agustina, T. (2024). Analisis Entrepreneur Lab, Coach Competence, Dan Fasilitas Terhadap Produktivitas Anggota Pd Tidar Kalimantan Tengah. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 5(1).

Sari Sipangkar, N. (2020). Peran Tidar Sebagai Underbouw Partai Gerindra Dalam Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Kota Jambi Pada Pemilu 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

TIMUR, RAYA TIDAR KOTA JAKARTA. "PERAN ORGANISASI SAYAP PARTAI DALAM FUNGSI PARTAI GERINDRA: STUDI KASUS TUNAS INDONESIA."

Vista, Bella. PERAN ORGANISASI TUNAS INDONESIA RAYA DALAM MEMBANGUN PARTISIPASI POLITIK DI KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2024.

Widiyono, Suseno. "Pengembangan nasionalisme generasi muda di Era Globalisasi." Populika 7.1 (2019): 12-21.

Downloads

Published

2025-05-09

How to Cite

Neneng Saputri, Desvika Putri Lailani, Anisia Rianti Tamara, Rima Yuni Saputri, & Ana Mentari. (2025). PERAN SERTA STRATEGI PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM ORGANISASI KEPEMUDAAN TIDAR (TUNAS INDONESIA RAYA) DI BANDAR LAMPUNG. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 111–119. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.860

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)