Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Smp N 2 Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v1i2.9Keywords:
Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran PAIAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi sebagian guru PAI kurangnya dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 dan masih ada kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Guru hanya menggunakan ceramah dan diskusi yang siswa hanya sebagai pendengar, bahkan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini pola pembelajaran yang biasanya berpusat pada guru harus diubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, artinya peneliti akan melihat fenomena yang terjadi di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bentuk penelitian deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP N 2 Padang Panjang yaitu : guru melaksanakan pembelajaran dengan berdiskusi dan ceramah, dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran PAI yaitu kurang tersedianya buku bahan ajar, kurangnya jam pelajaran PAI dan kurangnya sarana prasarana pembelajaran PAI.
References
Amin Haedari, Pendidikan Agama Di Indonesia Gagasan Dan Realita(Jakarta: Puslitbanmg) Pendidikan Agama dan Keagamaan,2010)
Andi Prastowo, “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012), h.78
Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, diaskes pada tanggal 10-01-2006
Poerwadamita, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2010)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.