ANALISIS PENTINGNYA PENERAPAN ADAB USIA DINI

Authors

  • Abdullah Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indah Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aceng Kosasih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.994

Keywords:

Adab, , Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Ta'dib, Nilai-nilai Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya penerapan adab sejak dini dalam konteks pendidikan Islam. Di era digital yang ditandai dengan kemudahan akses informasi dan teknologi, penanaman adab menjadi sangat krusial sebagai fondasi pembentukan karakter anak. Melalui studi literatur komprehensif, penelitian ini menganalisis konsep adab dalam Islam, urgensi penerapannya sejak usia dini, serta strategi implementasinya dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman adab sejak dini memiliki dampak signifikan terhadap pembentukan kepribadian anak yang berakhlak mulia dan mampu menghadapi tantangan era digital. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa strategi efektif dalam penerapan adab yang melibatkan keteladanan, pembiasaan, dan pendekatan integratif antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Implikasi penelitian ini penting bagi pengembangan program pendidikan karakter berbasis Islam yang menekankan penanaman adab sejak dini.

References

Ainiyah, N. (2020). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Alam, L. (2018). Perspektif pendidikan Islam terhadap filsafat pendidikan Ibn Miskawayh. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 277-294.

Al-Attas, S. M. N. (2019). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. ResearchGate. -.

Anderson, M., & Jiang, J. (2018). Teens, social media & technology 2018. Pew Research Center.

Azizah, N. (2021). Pembiasaan adab Islami dalam membentuk kecerdasan emosional dan spiritual anak. Jurnal Studi Islam, 16(1), 78-93.

Fadhilah, A. (2021). Implementasi pendidikan adab dan dampaknya terhadap perilaku sosial anak. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 145-160.

Fatimah, Z. (2022). Penanaman adab sebagai faktor protektif dalam menghadapi tantangan remaja. Jurnal Psikologi Islam, 9(1), 45-62.

Hasan, M. (2022). Pengaruh pembiasaan adab Islami terhadap perkembangan psikososial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 30-45.

Hidayat, A. (2020). Golden age: Masa efektif pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 56-71.

Hidayatullah, M. F. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 78-93.

Livingstone, S., & Blum-Ross, A. (2020). Parenting for a digital future: How hopes and fears about technology shape children's lives. Oxford University Press.

Mahmud, A. (2021). Korelasi penerapan adab dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 123-138.

Musrifah. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam [Character education in Islamic perspective]. Edukasia Islamika, 1(1), 119–133. -.

Rahman, A. (2021). Pengaruh teknologi digital terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(1), 56-71.

Rahmawati, D. (2022). Implementasi adab diri dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 110-125.

Safitri, R. (2023). Model pengasuhan berbasis keteladanan dalam membentuk karakter anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 8(1), 34-49.

Supriatna, E. (2020). Pendidikan spiritual anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 103-118.

Supriyadi, S. (2016). Community of practitioners: Solusi alternatif berbagi pengetahuan antar pustakawan [Community of practitioners: Alternative solutions for knowledge sharing among librarians]. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(2), 83–93.

Sartika, D., & Hanum, L. (2022). Degradasi moral anak di era digital: Tantangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45-62.

UNICEF. (2021). The state of the world's children 2021: On my mind – Promoting, protecting and caring for children's mental health. UNICEF Publications.

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: Membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah [Character education: Forming positive and excellent personalities in schools]. UIN Jakarta Repository. -.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Abdullah Abdullah, Indah Sari, & Aceng Kosasih. (2025). ANALISIS PENTINGNYA PENERAPAN ADAB USIA DINI. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(3), 614–623. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.994

Issue

Section

##section.default.title##