Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotek Pulosari Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.61722/jemba.v2i4.1154Keywords:
Ketersediaan Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Abtrak. Manajemen pemasaran adalah ilmu yang menarik untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian merupakan suatu proses di mana konsumen mengenali adanya masalah atau kebutuhan. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh dua faktor yaitu ketersediaan produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ketersediaan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek Pulosari Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 25. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling dan memperoleh sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Ketersediaan produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Pulosari Surabaya.
References
Akbar, M. A., Junaida, E., & Lindung Bulan, T. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Vans Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 885–893. https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i4.3750
Aliffa, S. P., & Wardani, S. (2025). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada J.Co Donuts & Coffee Ramayana Mall Kota Serang. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 189–199. https://doi.org/10.70451/cakrawala.v2i1.340
Altauriq, D., & Hadisuwarno, H. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Denny’s. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 7(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76103
Aswan, A., Muhajirin, M., & Hamidah, N. K. (2024). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Honda Krida Motor. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 2(4), 201–226. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i4.1037
Bayu, M., Saputro, A. H., & Mubarok, D. A. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Mega Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 1967–1975. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2488
Darmaza, M. M. R., & Dora, Y. M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Khronos E-Sport Arena. Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains, 3(1), 474–493. https://doi.org/10.33197/bes.vol3.iss1.2023.2003
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jandri, D., Ali, A., & Salis, M. (2022). Pengaruh Ketersediaan Produk, Harga Jual Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada Toko Reza Bangunan Di Airtiris. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(2).
Japa, I., Sudarwanto, T., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Cabang Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.5658
Lini, N., Efendi, B., Purwanto, H., & Yudianto, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economics, Management, and Business, 3(2), 23–30. https://doi.org/10.32699/magna.v3i2.7884
Mawarni, I., Pratisila, M., & Revita, N. (2024). Pengaruh Harga Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sembako Sheza Palembang. Jurnal EKOBIS: Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 1–11.
Misnawati, & Sumarni, I. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotek Zafira Ruhama. JAPB: Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik And Administrasi Bisnis, 3(2), 1322–1331.
Mongi, S. R., Areros, W., & Niode, B. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualiitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada Pt. Putra Putri Wolmar Kinamang Di Bitung. Journal of Economics and Business UBS, 13(1), 72–85.
Oktaviani, M. A., Oetarjo, M., & Yani, M. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shinta’s Collection. Jambura Journal of Educational Management, 6(1), 236–250. https://doi.org/10.37411/jjem.v6i1.3787
Rofiuddin, M., Oetarjo, M., & Hariasih, M. (2024). Peran Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Belikopi Sidoarjo. Journal of Economic, Bussines and Accounting (Costing), 7(4), 10345–10365. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10967
Sari, Y. T., & Sanusi, U. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketersediaan Produk Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Apotek Kamilah Di Kecamatan Palas). YUME : Journal of Management, 8(1), 1091–1102.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (11th ed.). Alfabeta, Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Utami, R. P., & Irawati, W. (2022). Pengaruh Harga, Label Halal, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Hni-Hpai (Studi Kasus Pada Stokis Center Hni-Hpai Dusun Kanigoro, Desa Puton, Diwek, Jombang). BIMA :Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 371–383. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5554
Vianita, R., Hidayati, N., & Zamzam, N. A. N. (2025). Pengaruh Inovasi Produk, Brand Image, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada GTT Pusat Oleh-Oleh Kediri. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 16(01), 132–146. https://doi.org/10.33059/jseb.v16i01.10804
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










