PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI DAN SUPERVISI BK

Authors

  • Firda Nur’aini Universitas Riau
  • Nur Laila Habibah Ahmad Universitas Riau
  • Uthia Tri Andani Universitas Riau
  • Viona Nursepti Triaswati Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.132

Abstract

Peran kepala sekolah dalam evaluasi dan supervisi BK adalah sebagai pemimpin, pembimbing, dan fasilitator. Kepala sekolah harus bekerja sama dengan guru BK dan pihak lain untuk memastikan bahwa program BK berjalan dengan efektif dan efisien. Bimbingan dan Konseling merupakan profesi yang keberadaannya sangat urgen dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Tanpa pelaksanaan bimbingan dan konseling, maka tujuan pendidikan dalam rangka membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal, baik dalam aspek kognitif, fisik, emosional, sosial, kepribadian, moral dan nilai-nilai, tidak mungkin dapat tercapai sesuai dengan diharapkan

Menurut Gibson dan Mitchel evaluasi bimbingan konseling merupakan suatu proses untuk menilai efektivitas program atau aktifitas. Menurut Wheeler dan King (2012:28) supervisi bimbingan konseling merupakan suatu proses untuk menjaga standar konseling yang memadai dan suatu metode konsultasi dengan horizon yang lebih luas dari seorang praktisi yang berpengalaman.

References

Ahmad, A., & Saefurrohman, S. (2020). Teacher´ s Perception of Academic Supervision of the School Headmaster. Utopía y Praxis Latinoamericana, 25(6), 289-302.

E. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT Remaja

Hamsidar. 2010. Peran Kepala Sekolah Dalam Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama 20 Pekanbaru. Skripsi Tidak Diterbitkan. Riau: FTK UIN SUSKA.

Istiqomah, D. N., Ekosiswoyo, R., & Pramono, S. E. (2019). Influence of School Culture, Headmaster Supervision and Interpersonal Communication Towards Teacher’ s Social Behavior. Educational Management, 8(1), 8-16.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ketut, D & Kusmawati, N. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniawan, Bayu. 2017. Kepuasan Kerja Memoderasi pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Pati. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional dan Call for Paper Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017, Hotel Grasia, Semarang, 9 Mei 2017.

Luddin, Abu Bakar M. 2013. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan 19 (2): 221.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Menengah Atas. 2016. Jakarta: Kemendikbud Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1622.

Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).Rosdakarya

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Firda Nur’aini, Nur Laila Habibah Ahmad, Uthia Tri Andani, Viona Nursepti Triaswati, Tri Umari, Kiki Mariah, & Munawir, M. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI DAN SUPERVISI BK. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 327–334. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.132

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)