PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.141Abstract
Abstrak. Penelitian ini mengeksplorasi peran supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah. Tujuannya untuk memahami bagaimana supervisi akademik kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru bimbingan konseling dan dampaknya pada dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah literatur review, dengan mengumpulkan data dari berbagai artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kinerja guru BK. Supervisi akademik yang efektif meningkatkan motivasi, kemampuan, dan keterampilan guru BK, serta kualitas layanan BK di sekolah.
Kata kunci: Supervisi akademik; kinerja guru bimbingan konseling; peningkatan kinerja
References
Amini, A., Aritonang, M. P., & Prasetia, I. (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 13 Binjai. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(1), 19-27. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/28991
Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43.
Darma, H., Julkifli, J., & Rianti, S. D. (2022). Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 11(2), 92-100. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/756
Greanti, A. (2014). Fungsi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs pembangunan UIN Jakarta.
Kanto, K. (2015). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja & Kinerja Guru BK SMAN. Journal of Educational Science and Technology, 1(2), 177121. https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/1514.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik SiSwa Di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 31-39. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/371
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2). https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/1130
Saprudin, U. (2017). MEMBINA KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN KONSELOR MELALUI PELATIHAN STRATEGI LESSON STUDY. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(1).Sahertian (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaodih, Nana. (2013). Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 185-202. https://jopspe.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/174
Tengko, F., Limbong, M., & Kailola, LG (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Menarik: Jurnal Pendidikan Inovatif , 3 (1), 13-23. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/203
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.