Supervisi Guru BK: Membangun Kompetensi Dan Profesionalisme Layanan BK

Authors

  • Desy Belanda Situmeang Universitas Riau
  • Putri Nuriandini Universitas Riau
  • Aura Anisa Simarmata Universitas Riau
  • Nikita Putri Marshanda Siahaan Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Munawir Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.137

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dan kualitas lulusan memerlukan penerapan evaluasi dan supervisi di sekolah, termasuk peran penting guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu siswa mengatasi masalah akademis, sosial, dan emosional. Supervisi terhadap profesionalisme dan kompetensi guru BK diperlukan untuk memastikan efektivitas layanan BK. Penelitian ini mengkaji kendala yang dihadapi guru BK, seperti keterbatasan kemampuan dan keterampilan konseling, serta penggunaan metode yang kurang sesuai. Supervisi BK bertujuan meningkatkan kesadaran profesional, perkembangan pribadi dan profesional, serta kinerja dan jaminan mutu praktik BK. Melalui supervisi, kekuatan dan kelemahan layanan BK dapat diidentifikasi untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme dan kompetensi guru BK serta mengukur keberhasilan supervisi BK dalam meningkatkan kedua aspek tersebut di sekolah melalui metode review literatur atau sumber sumber ilmiah lainnya.

Kata kunci: Supervisi, Guru Bimbingan dan Konseling, Profesionalisme, Kompetensi, Mutu Pendidikan, Layanan Konseling

References

Anggraini, S. 2017. “Peran supervisi bk untuk meningkatkan profesionalisme guru Bk”. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1, pp. 332-341.

Arikunto, Suharsimi. 2004. “Dasar-dasar Supervisi”. Jakarta : Rineka Cipta

Dedi, Defriansya,,dkk. 2022. “Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Layanan Konseling”. Muhafadzah, 3(1), 1-8.

Ilfana, A. 2023. “Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Guru Bimbingan Konseling” Suatu Tinjauan Studi Pustaka.

Mashudi, Farid. 2015. “Pedoman Lengkap Evaluasi & Supervisi Bimbingan Konseling”. Yokyakarta: DIVA Press.

Mugi Lestari, Mungin Edi Wibowo & Supriyo. 2013. “Kompetensi Profesional Guru BK dalam Pelakasanaan Layanan BK”. Indonesian Journal Of Guidance and Counselling: Theory And Therapy.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03 V/ PB 2010 Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru.

Prayitno. 2009. “Wawasan Profesional Konseling”. Padang: Universitas Negeri Padang

Rahmawati, E. 2020. “Dampak Supervisi Bimbingan dan Konseling Terhadap Kinerja Guru BK: Studi Kasus di SMA Kabupaten Majalengka” (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Salsabela, G., Jarkawi, J., & Aldi, M. 2022. “Profesionalisme Guru Bk Disekolah”. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Sitti Roswati Sujuti. 2022. “Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Bk Dalam Menyusun Program Melalui Bimbingan Dan Pelatihan Dengan Metode Workshop Di MGBK”. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 213-221.

Syafitri, R., Sabarrudin, S., & Dasril, D. 2023. “Supervisi dalam Bimbingan dan Konseling”. Jurnal Pendidikan Tambusai.

T, Umari, & E, Yakub. 2018. “Analisis Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah”. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(2), 135-145)

Taher, Y., Aditama, MHR, Syam, S., & Mansur, D. 2021. “Profesionalisme guru bimbingan konseling”. Jurnal Educouns: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling , 2 (2), 93.

Widada, W. 2017. “Peningkatan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling”

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Situmeang, D. B., Putri Nuriandini, Simarmata, A. A., Siahaan, N. P. M., Tri Umari, Munawir, & Kiki Mariah. (2024). Supervisi Guru BK: Membangun Kompetensi Dan Profesionalisme Layanan BK. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 416–426. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.137

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)