Analisis Kualitas Supervisi dan Evaluasi Serta Dampaknya Terhadap Pelaksanaan BK di Sekolah

Authors

  • Rezi Nandita Khairani Universitas Riau
  • Izzah Mardhiyah Murassyidah Universitas Riau
  • Mala Kharisa Universitas Riau
  • Yona Triwulandari Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.135

Abstract

Supervisi konseling merupakan komponen krusial dalam pengembangan profesi konselor yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada individu yang memerlukan bimbingan dan konseling. Artikel ini bermaksud menguraikan tujuan, metode penelitian, dan hasil penelitian yang mengembangkan panduan praktis untuk meningkatkan keterampilan konselor melalui supervisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan panduan praktis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan konselor melalui supervisi. Tujuan ini mencakup mengidentifikasi kebutuhan konselor, mengembangkan pedoman supervisi yang relevan, dan menilai dampaknya terhadap peningkatan keterampilan konselor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei, wawancara, dan analisis isi. Kuesioner dibagikan kepada kelompok konselor aktif di berbagai setting konseling, sedangkan wawancara mendalam dilakukan kepada supervisor dan konselor yang telah menjalani supervisi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi.

References

Azizah, Faricha, Herda Fitri Dr Ginting, and Robbi Suraida Utami. (2017). “Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.

Badrujaman, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlaksanaan Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling.

Melisa Maya, Suhono.(2018).Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Penguasaan keterampilan layanan konseling guru bk. jurnal tapis, vol 02, No 1,h.87

Prastanti Nindy Ayu, Ardiyah ummu. (2023). Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Dan Konseling Menggunakan Model Cipp. Jurnal Of Counselinf Education, Vol.4,No. 1, h.25.

Putri Arum Eka Sari. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, Vol. 4, No. 2, (2019), h.41

Rifda El fiah. (2014). Peran Konselor Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Bimbingan dan konseling http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/download/313/1182

Subandi, A. (2013) .Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 13.

Supriyanto, A., & Handaka, I. B. .Perspektif Ilmu Pendidikan, (2016). 26 (XVII), 131-137. Profesionalisme konselor: evaluasi program bimbingan dan konseling komprehensif di sekolah. In Seminar Nasional LP3M (Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, Dan Penjaminan Mutu), November (Vol. 8189)

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional. Alfabeta. Bandung

Wibowo Satrio Budi. (2012). Peran Supervisi Dalam Konseling. Jurnal Guidena, Vol. 2, No. 1, h.28. Yasykur Moch. (2019). Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, Vol.02, No.04, h.689

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Rezi Nandita Khairani, Izzah Mardhiyah Murassyidah, Mala Kharisa, Yona Triwulandari, Tri Umari, Kiki Mariah, & Munawir Munawir. (2024). Analisis Kualitas Supervisi dan Evaluasi Serta Dampaknya Terhadap Pelaksanaan BK di Sekolah. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 355–366. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.135

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)