SUPERVISI BK: BUKAN MENAKUTKAN TAPI MENYENANGKAN DAN MEMBANGUN

Authors

  • Dilha Megesti Universitas Riau
  • Nabila Nabila Universitas Riau
  • Syakhila Takhira Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.133

Abstract

Bimbingan adalah proses dukungan yang diberikan oleh tenaga profesional kepada individu atau kelompok. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat memahami diri, mengetahui lingkungannya, dan merencanakan masa depan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur atau kajian Pustaka. Pengertian supervisi sendiri adalah usaha memberi layanan kepada guruguru baik secara individual maupun kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran. Tugas dari supervisi BK adalah memantau, mendokumentasikan, mendukung, mengukur dan mengevaluasi kinerja serta mendorong refleksi supervisi yaitu pengawasan, pengawasan dan pembinaan. Adapun tahapan supervisi terdiri dari tiga tahapan yang disampaikan Bello dan Olaer (2020) yaitu pra-observasi, pelaksanaan observasi, dan pasca-observasi digunakan pada banyak penelitian. Kesimpulannya adalah bahwa supervisi ini justru membangun daripada menakutkan karna guna supervisi itu sendiri adalah melakukan pengawasan dan pembinaan serta mendukung kinerja dan kegiatan konselor untuk lebih optimal lagi.

References

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., ... & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179-186.

Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Amelisa, M., & SUHONO, S. (2018). Supervisi Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 109-127.

Bello, A. T., & Olaer, J. H. (2020). The influence of clinical supervision on the instructional competence of secondary school teachers. Asian Journal of Education and Social Studies, 12(3), 42-50. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v121330314.

Edy Siswanto. (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN Menjadikan Supervisor yang Ideal. Semarang: Unnes Press.

Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). Evaluasi program model context dan input. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, Vol. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/158 1(2), 111-124.

Depdiknas. (2004). Dasar standarisasi profesi konseling. Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik. Dirjen Dikti.

Erni., Rahmat, A., Badu, R., & Djibu, R. (2020). Implementation of clinical supervision to improve teacher performance in managing learning in Tk Dungaliyo Gorontalo district. JournalNX A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, Vol. 6(7), 67-74. https://repo.journalnx.com/index.php/nx/article/view/1047

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72-75.

Farid, Mashudi. (2018). PANDUAN PRAKTIS EVALUASI DAN SUPERVISI BIMBINGAN KONSELING. Yogyakarta: DIVA Press.

Glickman, C, D. (1985). Supervision of instruction. Allyn And Bacon Inc.

Hafsah. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis di SMP Negeri 2 Sampoiniet. Serambi Konstruktivis, Vol. 3(3), 50-61.

Imelda. (2020). Meningkatnya kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan adanya supervisi klinis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4(2), 229-240. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25444.

Kimbrough, M. R., Kimbrough, S.O., Murphy, P. (2011). On using text analytics for event studies. International Conference on Artificial Intelligence and Law, 209-218. https://doi.org/10.1145/2018358.2018388.

Nnorom, S. U., Nwogbo, V. N., & Anachuna, O. N. (2021). Extent of the use of clinical supervision model for teaching practice supervision in Imo State University, Owerri. Isagoge, Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 1(1), 185-208. https://www.telosjournals.com.br/ojs/index.php/isa/article/view/15.

Nurismawan, A., dkk. (2022). Supervisi Bimbingan dan Konselin Di Indonesia: Problematika Dan Alternatif Solusi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 9-133.

Sari, Y. A., & Suhono, S. (2017). Applaying Transition Action Detail Strategy on Written Text of EFL Young Learners. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-24.

Septin Anggraini, Peran supervisi bk untuk meningkatkan profesionalisme guru Bk,http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk,Vol. 1, No. 1, 2017.

Sergiovanni, J.T & Starrat, J. R. (1983). Supervisi human perspectives (1st ed). Mc Grow-Hill.

Suwardji Lazaruth, Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah, Yogyakarta: Kanisius, 1996.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar (learning organization). Alfabeta.

Zatrahadi, M.F., dkk. (2022). Kolaborasi Guru BK dan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Konseling Disekolah. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(2), 112-118.

Zulfiani., Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, Vol. 6(1), 25-36. https://doi.org/10.24256/kelola.v6i1.1833.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Dilha Megesti, Nabila Nabila, Syakhila Takhira, Tri Umari, Kiki Mariah, & Munawir Munawir. (2024). SUPERVISI BK: BUKAN MENAKUTKAN TAPI MENYENANGKAN DAN MEMBANGUN. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 345–354. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.133

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)