Langkah Menuju Layanan Bimbingan dan Konseling yang Lebih Baik Melalui Evaluasi dan Supervisi di Era Sekarang

Authors

  • Tesa Sessio Mentiana Universitas Riau
  • Bening Muthmainnah Universitas Riau
  • Nadya Dita Margareth Hutagalung Universitas Riau
  • Jelita Belatric Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.134

Abstract

Evaluasi dan supervisi merupakan komponen penting dalam bimbingan dan konseling untuk memastikan kualitas layanan yang diberikan. Evaluasi berfungsi untuk mengukur efektivitas program bimbingan dan konseling, menentukan pencapaian tujuan, serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Evaluasi dan supervisi harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan kualitas layanan BK selalu terjaga dan terdepan.Hasil evaluasi dan supervisi harus digunakan untuk perbaikan dan pengembangan program BK secara berkelanjutan.Evaluasi dan supervisi harus melibatkan semua pihak terkait, yaitu konselor, peserta didik, orang tua, guru, dan pimpinan sekolah.Supervisi, di sisi lain, berfokus pada pengembangan profesional konselor melalui pengawasan, bimbingan, dan dukungan berkelanjutan. Supervisi yang efektif melibatkan proses reflektif, umpan balik konstruktif, dan pembinaan kompetensi konselor. Dengan melaksanakan evaluasi dan supervisi secara berkelanjutan, kualitas layanan BK dapat ditingkatkan dan diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mencapai potensinya secara optimal untuk mencapai hasil yang optimal, evaluasi dan supervisi harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis, dan berkelanjutan, melibatkan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan, serta menggunakan metode dan alat yang relevan dan sahih. Dengan pendekatan ini, bimbingan dan konseling dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi individu dan komunitas yang dilayani.

References

Alawiyah, F. 2018. Problematika Tata Kelola Guru Dalam Implementasi Undang-Undang Guru Dan Dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 118-140.

Amelisa, M., & SUHONO, S. (2018). Supervisi Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK. Tapis:Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 109-127.

Arsini, Y, Dkk. 2023.Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 96–101.

Azizah, F., Ginting, H. F., & Utami, R. S.2017. Evaluasi Pelaksanaan ProgramLayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.I, hal. 177-188. Malang: Universitas Negeri Malang.

Enilawati, dkk. 2022. SUPERVISI DALAM PENINGKATAN MUTU EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 114 REJANG LEBONG.

Hapsyah, D. R., Fitriyani, N., Handayani, R., Nurmalia, T., Jabbar, A. A., Purwanto, D., & Badrujaman, A. 2019. Hubungan Antara Sikap Terhadap Evaluasi Guru BK dengan Keterlaksanaan Progam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Renaissance, 4(02), 564-571.

Kurniati, D., Musyofah, T., & Ojil, A. P. 2021. Pelaksanaan Supervisi bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan layanan konseling guru bk sma kabupaten rejang lebong. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 133-148.

Mufaridah, H., & Zukin, A. 2023.EVALUASI DAN SUPERVISI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING PADA JENJANG SMP, SMA DAN SMK DI PESANTREN ‘X’KABUPATEN SITUBONDO. Konseling At-Tawazun: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 124-133.

Munastiwi., Ade Lisna dan Erni. 2020. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pelita PAUD5(1):7–13.

Ovilyana Deri Nugraheni. 2020. Literature Review Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Hidup bersih dan Sehat Anak.Skripsi, dipublikasikan. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. 2022.Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1622.

Putri, F. R. 2018. Pengaruh Supervisi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling SMA Negeri Se-Kota Jambi.Kinerja Guru BK, Supervisi BK.

Supriyanto, A. 2016. Profesionalisme Konselor: Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sekolah. Membangun Karakter Untuk Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. Surabaya: Seminar NasionalLP3M.

Tina Musyofah, Triani Eka Pitri, Sumarto. 2021. MAN Rejang Lebong, SMAN 6 Kepahiang, BKPI Pascasarjana IAIN Curup., Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. IAIN BKPI Pascasarjana Curup.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Tesa Sessio Mentiana, Bening Muthmainnah, Nadya Dita Margareth Hutagalung, Jelita Belatric, Tri Umari, Kiki Mariah, & Munawir Munawir. (2024). Langkah Menuju Layanan Bimbingan dan Konseling yang Lebih Baik Melalui Evaluasi dan Supervisi di Era Sekarang. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 367–377. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.134

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)