Supervisi Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Calon Guru BK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.139Abstract
Abstrak.Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan supervisi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kompetensi calon guru BK. Meskipun penting, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan supervisi BK. Dalam proses supervisi yang efektif, calon guru dapat mengembangkan keterampilan profesional, terlibat dalam pembelajaran berkelanjutan, dan menerima umpan balik yang konstruktif. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review. literature review merupakan pendekatan yang melibatkan penelusuran mendalam terhadap berbagai sumber literature yang relevan.
Kata kunci: Supervisi Bimbingan dan Konseling, Kompetensi Calon guru BK
References
Adhi Krisna Maria Agusti. 2023. Pelaksanaan Supervisi Pada Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Perspektif Praktikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol 6, No. 2. Hal 818
Afriyadi Sofyan. 2005. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Model Supervisi Bimbingan dan Konseling Berbasis Structure.
Amalianita, B., Firman, F., & Ahmad, R. 2021. Penerapan sistem pendidikan disentralisasi serta upaya peningkatan mutu layanan dengan pengembangan profesionalisme guru bimbingan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 9–14.
Amelisa, M & Suhono. 2018. Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Peguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK. Jurnal Tapis, 2(1), 109-127.
Amelisa, Maya. 2019. “Supervise Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK.
Amin, Samsul Munir. Bimbingan dan konseling Islam. Amzah, 2010. Hlm. 12-13
Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. 2022. Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(1).
Defriansyah, D., Azwar, B., & Hartini, H. 2022. Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Layanan Konseling. Muhafadzah, 3(1), 1-8.
Desty Kurniati,. Musyofah, T., & Ojil, A. P. 2021. Pelaksanaan Supervisi bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan layanan konseling guru bk sma kabupaten rejang lebong. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 133-148.
Faricha Azizah, Herda Fitri Dr Ginting, and Robbi Suraida Utami. 2017. “Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah,” Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling,
Glickman C.D. 1981. Developmental Supervision; Alternative Practice for Helping Teachers. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Herdiansyah, H. 2017. Supervisi Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Khatulistiwani, S. Muzaiyana, L, Ardiah, N. & Nelisma, Y. 2024. Konsep Dasar Strategi Layanan BK Di Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5602-5612.
Mashudi. 2018. Evaluasi dan Supervisi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.
Nadhirin, 2009. Supervisi Pendidikan Integratif Berbasis Budaya, Kudus: STAIN Kudus Cet I.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Prayitno & Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan & Konseling Jakarta: Rineka Cipta, 2013, hlm. 94.
Rahim, Maryam, and Wenny Hulukati. 2022. “Pelaksanaan Supervisi Bimbingan dan Konseling di Provinsi Gorontalo.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application .Special Ed: 62-74.
Setiawan, B. 2018. Pengaruh Supervisi Terhadap Kualitas Layanan Konseling di Sekolah Menengah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 123-135.
Suhardi Marli. Supervisi Klinis Bagi Calon Guru Dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Hal 433
Suherman, Umam. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung. Rizqi Press.
Syafriana Henni Nasution dan Abdillah. 2019. Bimbingan Dan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
T, Umari, & E, Yakub. 2018. Analisis Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(2), 135-145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.