PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL ARAFAH RAYA MEDAN SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.581Keywords:
Multikulturalisme, Pendidikan Pondok Pesantren ModernAbstract
Artikel ini membahas tentang penting nya Pendidikan agama islam yang bersifat multikulturalisme, yang dimana sangat melekat di kalangan para santri yang ada di Sumatera utara dan di seluruh Indonesia . pengenalan ini menyoroti prinsip-prinsip utama yang harus diintegrasikan dalam sebuah pelaksanaan pembelajaran yang bersifat mukltikulturalisme, yang dimana termasuk dalam integrasi nilai-nilai keislaman dengan modernitas, pemanfaatan teknologi edukatif Islami, serta pendekatan pembelajaran yang aktif dan reflektif. Selain itu, artikel ini membahas pentingnya inklusivitas dan moderasi dalam pembelajaran PAI untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa. Dengan menggunakan pendekatan literatur komprehensif, artikel ini mengidentifikasi tantangan implementasi
References
Abdullah, Jihan. 2014. “Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren (Sudi Kasus pada
Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor Poso).” Istiqra, Jurnal Penelitian Ilmiah 2(1).
Adha, Haekal. 2017. “Pesantren Identitas Pemersatu Bangsa.” Himmah.
Ansori, Muhamad. 2018. “Model Pendidikan Islam Berbasis Multikultural.” Jurnal Al-Yasini
(2). doi: 10.24014/trs.v9i2.4327.
Lexy J. Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosydakarya. Mahfudz, Choirul. 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Noorhayati, Siti Mahmudah. 2001. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN ( Upaya Membendung Radikalisme di Indonesia ).” 67–78.
Pembukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan. n.d. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Rustam Ibrahim. 2013. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan
Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7(1):145.
Sulalah. 2011. Pendidikan Multikultural. Malang: UIN Maliki Press.
Sulton, Ahmad. 2015. “Kurikulum Pesantren Multikultural (Melacak Muatan NilaiNilai Multikultural Dalam Kurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan).” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 16(1):1. doi: 10.18860/ua.v16i1.2782.
Susanti, Rini Dwi. 2013. “Menguak Multikulturalisme di Pesantren: Telaah atas
Pengembangan Kurikulum.” Ad-Din 7(1):179–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










