PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL ARAFAH RAYA MEDAN SUMATERA UTARA

Authors

  • Faridh Wajli Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Erik Khanafi Ihsana Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Nurul Mubin Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.581

Keywords:

Multikulturalisme, Pendidikan Pondok Pesantren Modern

Abstract

Artikel ini membahas tentang penting nya  Pendidikan agama islam yang  bersifat  multikulturalisme,  yang  dimana  sangat  melekat  di kalangan  para  santri  yang  ada  di  Sumatera  utara  dan  di  seluruh Indonesia  .  pengenalan  ini  menyoroti  prinsip-prinsip  utama  yang harus  diintegrasikan  dalam  sebuah  pelaksanaan  pembelajaran  yang bersifat  mukltikulturalisme,  yang  dimana  termasuk  dalam  integrasi nilai-nilai  keislaman  dengan   modernitas,   pemanfaatan   teknologi edukatif    Islami,    serta    pendekatan  pembelajaran  yang  aktif  dan reflektif. Selain itu, artikel ini membahas pentingnya inklusivitas dan moderasi dalam  pembelajaran  PAI  untuk  menciptakan  lingkungan belajar   yang   kondusif   bagi   semua siswa.   Dengan   menggunakan pendekatan  literatur    komprehensif,    artikel    ini   mengidentifikasi tantangan implementasi

References

Abdullah, Jihan. 2014. “Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren (Sudi Kasus pada

Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor Poso).” Istiqra, Jurnal Penelitian Ilmiah 2(1).

Adha, Haekal. 2017. “Pesantren Identitas Pemersatu Bangsa.” Himmah.

Ansori, Muhamad. 2018. “Model Pendidikan Islam Berbasis Multikultural.” Jurnal Al-Yasini

(2). doi: 10.24014/trs.v9i2.4327.

Lexy J. Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosydakarya. Mahfudz, Choirul. 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Noorhayati, Siti Mahmudah. 2001. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN ( Upaya Membendung Radikalisme di Indonesia ).” 67–78.

Pembukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan. n.d. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Rustam Ibrahim. 2013. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan

Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7(1):145.

Sulalah. 2011. Pendidikan Multikultural. Malang: UIN Maliki Press.

Sulton, Ahmad. 2015. “Kurikulum Pesantren Multikultural (Melacak Muatan NilaiNilai Multikultural Dalam Kurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan).” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 16(1):1. doi: 10.18860/ua.v16i1.2782.

Susanti, Rini Dwi. 2013. “Menguak Multikulturalisme di Pesantren: Telaah atas

Pengembangan Kurikulum.” Ad-Din 7(1):179–94.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Faridh Wajli, Erik Khanafi Ihsana, & Nurul Mubin. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL ARAFAH RAYA MEDAN SUMATERA UTARA. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(6), 441–444. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i6.581

Issue

Section

##section.default.title##

Most read articles by the same author(s)