DAMPAK KECERDASAN BUATAN PADA MAHASISWA:ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Aiskha Tittahira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Usiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.627

Keywords:

: Kecerdasan Buatan,Mahasiswa,Perguruan Tinggi

Abstract

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence telah menjadi salah satu teknologi yang marak digunakan semua orang di dunia termasuk Indonesia.Semua bidang termasuk di bidang termasuk di bidang Pendidikan memanfaatkan AI sebagai alat inovatif dalam pembelajaran contohnya para mahasiswa yang menggunakan AI ini untuk mencari materi atau tugas. Hal ini menjadikan AI memiliki pengaruh dalam pembelajaran mahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan kecerdasan buatan dalam personalisasi pembelajaran mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi literatur yang relevan mengenai dampak penggunaan kecerdasan buatan (AI) terhadap mahasiswa.

References

Agustya, K., Salsabilla, Z., Diva, T., Hadi, F., Pratiwi, W., & Mukarromah, S. (2023). Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI) 2023 Surabaya.

Asy Syuhada, S., Siregar, D., Jumardi, A., Nabbil, S., Sholahuddin Al Ayubi, Z., Prasetyo, D., Setiawan Tauri, D., Firdaus, B., & Rizky Albaras, M. (n.d.). Dampak AI Pada Proses Belajar Mengajar Di Era Digital. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa

Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 20, Issue 1).

Devineni, S. K. (n.d.). Cite this Article: Siva Karthik Devineni, AI in Data Privacy and Security. International Journal of Artificial Intelligence & Machine Learning (IJAIML), 3(1), 35–49. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/WCN8A

Faisal, M. (2024). Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pola Pikir Cerdas Mahasiswa di Pontianak. NUCLEUS, 5(1), 60–66. https://doi.org/10.37010/nuc.v5i1.1684

Hidayah, S. (2022). Online Learning during the Pandemic in Indonesia: A Case Study on Digital Divide and Sociality among Students. Jurnal Humaniora, 34(2), 149. https://doi.org/10.22146/jh.72605

Intang Sappaile, B., Hidayat, M. Z., Moeis, D., Ediana, D., Aenul Hayati, A., Manuhutu, A., & Kata Kunci, A. (2024). Indonesian Research Journal on Education Analisis Dampak AI Terhadap Metode Pengajaran Tradisional di Lingkungan Akademis. In Indonesian Research Journal on Education (Vol. 4). https://irje.org/index.php/irje

Panjaitan, K. L., Sinurat, J. M., & Tarigan, Y. (n.d.). PENGARUH CHATGPT TERHADAP PENGERJAAN TUGAS KULIAH PADA MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0. In Jurnal Manajemen Modern (Vol. 6, Issue 1). https://journalpedia.com/1/index.php/jmmJanuari2024

Puteri Jannatul Ma’wa. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA. 3.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Aiskha Tittahira, & Usiono. (2024). DAMPAK KECERDASAN BUATAN PADA MAHASISWA:ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.627

Issue

Section

##section.default.title##