IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI TERHADAP PERAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 08 INDRALAYA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.782Keywords:
Kata Kunci : Literasi Sekolah, PerpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan program minat baca dalam mengembangkan gerakan literasi siswa dalam implementasi literasi informasi terhadap peran perpustakaan di SD Negeri 08 Indralaya Utara. Tujuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Program minat baca siswa telah diimplementasikan, namum belum optimal dan (2) sebagai bentuk dari optimalisasi diperpustakaan, sekolah masih berusaha untuk membuat kondisi perpustakaan lebih nyaman. Literasi informasi merupakan kemampuan individu dalam mengakses, mengevaluasi, menggunakan, dan berbagi informasi secara efektif. Perpustakaan di sekolah memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi informasi mereka. Melalui koleksi buku yang beragam, program-program literasi, dan kerja sama dengan guru, perpustakaan dapat menjadi tempat yang strategis bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi literasi informasi dapat meningkatkan peran perpustakaan di SD Negeri 08 Indralaya Utara dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan praktik literasi informasi di lingkungan sekolah.
References
Lasa, H.S, (2009), Kamus Kepustakawanan Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher).
Marlini, (2019), Rancangan Kegiatan Literasi Informasi Di Sma Negeri 1 Padang, Jurnal
Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 8, No. 1.
Nyoman Ranem I, dkk., (2022), Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan
Literasi di Sekolah Dasas, LIBRARIA,Vol 10, No 1.
Perpustakaan Nasional RI, (2019), Standar Nasional Indonesia (SNI) Bidang Perpustakaan,
(Jakarta: Perpustakaan Nasional RI).
Pawit M Yusuf & Suhendar Y., (2007), Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah
(Jakarta: Kencana).
Suherman, (2009), Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah:Referensi Pengelolaan
Perpustakaan Sekolah, (Bandung: MQS Publishing)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.