IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI TERHADAP PERAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 08 INDRALAYA UTARA

Authors

  • Dina Sofiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN) Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.782

Keywords:

Kata Kunci : Literasi Sekolah, Perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan program minat baca dalam mengembangkan gerakan literasi siswa dalam implementasi literasi informasi terhadap peran perpustakaan di SD Negeri 08 Indralaya Utara. Tujuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Program minat baca siswa telah diimplementasikan, namum belum optimal dan (2) sebagai bentuk dari optimalisasi diperpustakaan, sekolah masih berusaha untuk membuat kondisi perpustakaan lebih nyaman. Literasi informasi merupakan kemampuan individu dalam mengakses, mengevaluasi, menggunakan, dan berbagi informasi secara efektif. Perpustakaan di sekolah memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi informasi mereka. Melalui koleksi buku yang beragam, program-program literasi, dan kerja sama dengan guru, perpustakaan dapat menjadi tempat yang strategis bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi literasi informasi dapat meningkatkan peran perpustakaan di SD Negeri 08 Indralaya Utara dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan praktik literasi informasi di lingkungan sekolah.

References

Lasa, H.S, (2009), Kamus Kepustakawanan Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Book

Publisher).

Marlini, (2019), Rancangan Kegiatan Literasi Informasi Di Sma Negeri 1 Padang, Jurnal

Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 8, No. 1.

Nyoman Ranem I, dkk., (2022), Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Gerakan

Literasi di Sekolah Dasas, LIBRARIA,Vol 10, No 1.

Perpustakaan Nasional RI, (2019), Standar Nasional Indonesia (SNI) Bidang Perpustakaan,

(Jakarta: Perpustakaan Nasional RI).

Pawit M Yusuf & Suhendar Y., (2007), Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah

(Jakarta: Kencana).

Suherman, (2009), Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah:Referensi Pengelolaan

Perpustakaan Sekolah, (Bandung: MQS Publishing)

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Dina Sofiana. (2025). IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI TERHADAP PERAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 08 INDRALAYA UTARA. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(1), 697–703. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.782

Issue

Section

##section.default.title##